Gus AMI Takziyah dan Berdoa untuk Almarhum Gus Zaki

Sabtu, 04/07/2020 13:55 WIB

Jombamg, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) takziyah (berbelasungkawa dan berdoa ) saat ziarah ke makam Almarhum KH Muhammad Zaki Hadzik (Gus Zaki), yang berada di halaman belakang Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (4/7/2020).

Gus Zaki wafat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang pada Rabu (1/7) karena sakit Demam Berdarah (DB). Kendati demikian, proses pemakaman Gus Zaki dilakukan sesuai standar Covid-19.

Begitu tiba dengan mobil ambulan milik BPBD Jombang, jenazah langsung dibawa petugas dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap ke tempat pemakaman. Sedangkan keluarga almarhum dan pelayat mengiring dari kejauhan.

Almarhum Gus Zaki merupakan salah satu cucu KH Hasyim Asy’ari. Gus Zaki anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakak pertamanya bernama Muhammad Ishomuddin Hadziq (Gus Ishom) dan kakak keduanya Fahmi Amrullah Hadziq.

Gus Zaki sendiri adalah pengasuh di Pondok Pesantren Al-Masruriyah, Tebuireng, Jombang. Semasa hidupnya, beliau aktif dalam kepengurusan Nahdlatul Ulama, dan menjabat Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Robithoh Ma’ahid Al-Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU), Jawa Timur.

Dalam ziarah tersebut, Gus AMI berdoa dengan khusuk di makam Gus Zaki yang berdampingan dengan makam KH. Hasyim Asy’ari, KH. Abdurrahman Wahid, hingga KH. Solahuddin Wahid.

Selain ziarah kubur, Gus AMI juga bersilaturahim dengan pengasuh Ponpes Tebuireng, KH. Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin yang merupakan Kasepuhan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Kamis, 2 Juli 2020.

"Gus AMI dan Gus Kikin bahas kondisi terkini terkait Santri & Pesantren di tengah pandemi Covid-19," demikian disampaikan dalam twitt Gus AMI, Kamis (2/7/2020).

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2