Survei CSIS: Jokowi Meroket, Prabowo Merosot

Rabu, 14/09/2016 01:02 WIB

Jakarta - Tingkat elektabilitas Presiden Jokowi semakin meroket jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kian merosot.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Jokowi mengalami kenaikan elektabilitas paling tinggi dari 36,1 persen pada Oktober 2015 menjadi 41,9 persen pada Agustus 2016.

Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Philips J Vermonte mengatakan, jika Pilpres dilakukan saat ini, maka Jokowi sebagai calon terkuat.

"Jokowi naik cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Jokowi figur yang paling kuat di Indonesia," kata Philips, di kantor CSIS, Jakarta, Selasa (13/9).

Sedangkan Prabowo mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, dari 28,0 persen pada Oktober 2015 menjadi 24,3 persen pada Agustus 2016.

Selain Jokowi, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mengalami kenaikan dari 4,8 persen pada Oktober 2015 menjadi 5,6 persen pada Agustus 2016. Kenaikan elektabilitas juga dialami oleh Ridwan Kamil dari 3,6 persen menjadi 5,5 persen.

Survei CSIS dilakukan dengan sampel 1.000 orang yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Secara acak warga yang dipilih telah miliki hak pilih atau berusia 17 tahun ke atas.

Penarikan sampel sepenuhnya secara acak dengan menggunakan metode penarikan secara multi-stage random sampling. Penarikan sampel mempertimbangkan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi dan memperhatikan karakter wilayah perkotaan dan pedesaan.

Pengumpulan data dilakukan pada 8-15 Agustus 2016 melalui wawancara tatap muka mengunakan kuesioner terstruktur. Hasil survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin errro 3,1 persen.

Quality control terhadap hasil wawancara dipilih secara random sebesar 20 persen dari total sampel.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2