Covid-19 Mereda, Negara-negara Eropa Mulai Longgarkan Pembatasan

Senin, 04/05/2020 17:33 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Banyak negara Eropa, termasuk Spanyol dan Italia yang terdampak Covid-19, mengambil langkah untuk secara bertahap meringankan pembatasan penguncian yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru yang mematikan dan menular.

Italia pada Senin memasuki Tahap Dua dari rencana Perdana Menteri Giuseppe Conte untuk membebaskan negara itu dari kuncian terpanjang di dunia yang dimulai hampir 80 hari yang lalu.

Saat ini negara ketiga di dunia untuk kasus dengan 210.717 tetapi kedua dalam kematian akibat virus dengan 28.884, Italia ditempatkan di bawah pembatasan ketat sebagai kelompok COVID-19 tumbuh secara eksponensial dan kematian meningkat pada akhir Januari.

Namun, setelah menurunnya infeksi dan kematian yang memuncak pada pertengahan Maret, pembatasan perjalanan akan dikurangi dari hari Senin yang memungkinkan orang untuk mengunjungi keluarga di wilayah terdekat mereka dan karyawan untuk bepergian ke luar daerah mereka untuk bekerja. Taman, kebun, dan vila umum akan terbuka untuk pengunjung yang menjaga jarak 3 kaki dari yang lain. Dan restoran akan terbuka untuk pengiriman rumah dan layanan dibawa pulang, kata Kementerian Kesehatan Italia .

"Pekerjaan manufaktur, konstruksi dan real estat juga dapat dilanjutkan," tambah kementerian.

Di Spanyol, negara terparah kedua dengan 217.466 kasus, beberapa bisnis akan diizinkan buka mulai Senin, termasuk layanan take-out restoran, dan toko buku dan perangkat keras serta garasi akan kembali melayani pelanggan dengan janji temu.

Juga dari hari Senin, topeng akan diminta untuk naik transportasi umum, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez merinci Sabtu ketika orang dewasa diizinkan untuk pertama kalinya dalam 48 hari untuk berolahraga di luar, memperluas langkah yang ditawarkan kepada anak-anak di bawah 14 minggu sebelumnya.

"Ini adalah kenyamanan kecil yang datang dalam dosis, dan mungkin tampak tidak mencukupi tetapi penting," kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada hari Sabtu dalam pidato yang disiarkan televisi .

Portugal juga pada Senin ditetapkan untuk mencabut beberapa pembatasan termasuk membuka toko-toko kecil dan bisnis, seperti penata rambut dan dealer mobil. Sekolah-sekolah senior akan diizinkan untuk dibuka kembali pada 18 Mei seperti halnya museum, bar, dan restoran.

Secara global, virus ini telah menginfeksi lebih dari 3,5 juta orang, termasuk 1,45 juta di Eropa saja. Benua itu juga mencatat lebih dari setengah dari hampir 250.000 kematian akibat penyakit itu, menurut data kesehatan yang dilacak oleh worldometers.

Di Asia, episentrum pertama virus, Jepang pada hari Senin sedang bersiap untuk memperpanjang keadaan darurat nasionalnya sebulan lagi, lapor penyiar publik NHK melaporkan.

Keadaan darurat saat ini akan berakhir pada hari Rabu tetapi diperkirakan akan diperpanjang hingga 31 Mei untuk menjaga pembatasan saat ini di tempat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Jepang, yang memiliki hampir 15.000 kasus virus yang mengakibatkan 487 kematian, menyatakan keadaan darurat sebulan penuh pada 7 April untuk ibu kota Tokyo dan enam prefektur lainnya sebelum memperluasnya secara nasional.

Sementara itu, China pada hari Senin melaporkan hari ketujuh berturut-turut tanpa kematian pada COVID-19, mengakhiri tiga hari pertama liburan lima hari May-nya yang menyaksikan lonjakan pariwisata domestik.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata melaporkan 85 juta perjalanan wisata domestik selama tiga hari pertama liburan yang dimulai 1 Mei, sama dengan sekitar $ 4,97 miliar, Xinhua melaporkan.

Di Provinsi Hubei, titik nol pandemi dan wilayah yang paling parah terkena virus China, 22 tempat wisata utama dibuka kembali untuk pertama kalinya sejak dikunci pada akhir Januari, menerima sekitar 520.400 pengunjung, kata biro pariwisata budaya provinsi itu mengatakan, milik China News Service melaporkan.

Di kota Wuhan, tempat virus itu muncul akhir tahun lalu, sekitar 178.000 orang mengunjungi pada Sabtu ketika menurunkan tingkat tanggap darurat dari peringatan tertinggi ke tertinggi kedua.

Namun, lonjakan pariwisata untuk kota itu, mewakili penurunan pendapatan 71 persen dari tahun sebelumnya dan penurunan 58 persen pengunjung ke 21 lokasi wisata, katanya.

Pejabat kesehatan Beijing pada hari Senin melaporkan tiga kasus infeksi baru, yang semuanya diimpor, meningkatkan jumlah total kasus menjadi 83.964. Sepuluh negara memiliki lebih banyak kasus daripada China, dengan 1,1 juta kasus Amerika Serikat lebih banyak daripada negara lain.

Sementara episentrum asli virus, Asia menyumbang kurang dari 600.000 infeksi yang mengakibatkan 19.619 kematian, menurut pelacak data kesehatan.

Sementara itu, Oceania memiliki jumlah kasus paling sedikit yaitu 8.411 dan 115 kematian, menurut data kesehatan.

Di Selandia Baru, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan nol kasus baru virus corona untuk pertama kalinya sejak menerapkan pembatasan kuncian yang ketat pada akhir Maret.

Negara itu pindah ke Alert Level 3 pada sistem empat waspada pekan lalu dengan rencana pekan depan bagi kabinet di Wellington untuk memutuskan apakah negara akan turun ke Alert Level 2 dan seperti apa nantinya.

"Kita perlu setiap hari antara hari Senin dan Senin depan untuk mengetahui dengan pasti bahwa kita berhasil mengunci keuntungan Level 4, pulih secara efektif di ruang tunggu Level 3 kita dan berada dalam posisi untuk bergerak turun lagi dan memberi orang Selandia Baru kembali lebih besar kebebasan, "katanya saat konferensi pers .

Dia juga mengatakan akan bergabung dengan pertemuan Kabinet Australia pada Selasa untuk membahas tentang menciptakan "gelembung perjalanan trans-Tasman," yang akan memungkinkan penduduk dari kedua negara untuk bepergian di antara mereka tanpa memerlukan karantina dua minggu pada saat kedatangan.

"Catatan kuat kedua negara kami dalam memerangi virus telah menempatkan kami pada posisi yang patut ditiru untuk dapat merencanakan tahap selanjutnya dalam pembangunan kembali ekonomi kami," katanya.

Selandia Baru memiliki kurang dari 1.500 kasus yang mengakibatkan 20 kematian.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?