Soal Izin Impor Bawang Putih, Dirjen Prihasto: Kementan Taat Aturan

Minggu, 12/04/2020 14:47 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Hortikultura (Dirjen Hortikultura), Prihasto Setyanto menegaskan, Kementerian Pertanian (Kementan) selalu berpatokan pada regulasi yang sudah ditetapkan dalam permohonan impor bawang putih.

Ia menjelaskan, sesuai dengan regulasi di Permentan 39, untuk stabilisasi pasokan dan harga, impor produk hortikultura hanya dapat dilakukan BUMN yang mendapat penugasan dari menteri terkait.

"Ini berdasarkan hasil rapat koordinasi terbatas bidang perekonomian tingkat menteri," jelas Prihasto melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (11/4).

Prihasto menambahkan, saat ini Kementan sudah menerbitkan RIPH dari 70 perusahaan dengan total volume 600 ribu ton. "Apabila ini semua direalisasikan cukup untuk kebutuhan satu tahun," katanya.

Berdasarkan data dari Badan Karantina, bawang putih yang masuk ke Indonesia masih sangat sedikit. Hingga 7 April 2020 hanya sekitar 36 ribu ton. Hal ini disebabkan harga yang mahal di China karena belum memasuki musim panen raya.

Selain itu, nilai rupiah yang jatuh terhadap dolar menyebabkan para pelaku usaha enggan untuk melaksanakan importasinya. "Mereka menunggu panen raya di China yang akan dimulai bulan Mei - Juli, sambil menunggu nilai rupiah menguat terhadap dollar," ujar Prihasto.

Prihasto mengimbau agar para importir segera merealisasikan importase bawang putihnya.

"Pemerintah ingin agar masyarakat tenang, salah satu dari 11 kebutuhan bahan makanan pokok diharapkan tersedia dengan harga terjangkau, oleh karena itu saya minta agar importir yang sudah dapat RIPH segera merealisasikan impor bawang putihnya," katanya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2