Syahrul Yasin Limpo Minta Pengusaha Tak Bikin Panik Masyarakat

Kamis, 19/03/2020 12:42 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meminta pengusaha tidak membuat panik masyarakat di tengah merebaknya virus corona atau yang dikenal (COVID-19).

"Jangan ada pengusaha yang mau untung sendiri dengan membuat kepanikan kepada masyarakat," ujar Syahrul di sela operasi pasar di 10 pasar DKI Jakarta dari Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (19/3).

Syahrul berjanji akan memastikan ketersediaan pangan dasar, seperti beras, minyak goreng, gula, bawang putih dan beberapa komoditas lainnya secara maksimal sesuai standar kebutuhan rakyat.

Selain itu, Syahrul juga menegaskan bahwa Kemeterian Pertanian (Kementan) bersama dengan mitra akan saling bekerja sama dalam menyediakan stok bahan pangan dipasar dari puasa hingga lebaran.

"Oleh karena itu, jangan beli berlebihan. Belilah secukupnya sesuai kebutuhan, Insyallah dari hitung-hitungan kita yang ada ini cukup, yang penting ada kebersamaan," ujar Syahrul.

Sementara itu, Kepada Badan Ketahan Pangan (BKP), Agung Hendriadi mengatakan akan melakukan penandatanganan kesepakatan dengan semua perusahaan, baik itu telur, daging ayam, daging sapi, cabai, bawang, gula untuk mengembalikan pasokan dan harga di seluruh Indonesia.

"Insyallah besok kami akan melakukan pendatangan dengan Djarum Pokhpan, Japfa, Gapoktan, Perpadi dan importir lainnya. Pokoknya, nanti setiap ada gejok di suatu daerah, kami langsung stabilisasi," ujar Agung kepada Jurnas.com.

Sekadar diketahui, Kementan kembali menggelar operasi pasar untuk tiga bahan pokok dasar dijual dengan harga murah yakni Gula sebanyak 2 ton dengan harga Rp12.500 per kg , Beras sebanyak 2 Ton dengan harga Rp8.500 per kg dan telur sebanyak 2,5 Ton dengan harga Rp23.000 per kg.

Operasi Pasar Murah diselenggarakan di Pasar Kalideres, Pasar Baru Metro, Pasar Kalibaru, Pasar Tanah Abang, Pasar Gondangdia, Pasar Pluit, Pasar Glodok, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawa Badak, Pasar Johar Baru dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu.

 

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China