Ilmuwan Temukan Ledakan Besar Mirip Big Bang

Jum'at, 28/02/2020 08:07 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Para peneliti di Pusat Internasional untuk Penelitian Astronomi Radio telah menemukan ledakan terbesar yang pernah diamati di alam semesta sejak Big Bang terjadi.

Ledakan itu berasal dari lubang hitam supermasif di pusat gugus galaksi Ophiuchus sekitar 390 juta tahun cahaya dari Bumi.

"Kami telah melihat ledakan di pusat galaksi sebelumnya, tetapi galaksi ini benar-benar sangat besar," Melanie Johnston-Hollitt, profesor di simpul Universitas Curtin dari Pusat Internasional untuk Penelitian Astronomi Radio dilansir Sciencealert, Jumat (28/02).

"Dan kita tidak tahu mengapa itu begitu besar,” tambahnya.

Untuk membuat penemuan ini, para peneliti menggunakan empat teleskop di seluruh dunia, termasuk Chandra X-ray Observatory milik NASA dan observatorium ruang-X-ray X-ray Badan Antariksa Eropa.

Ledakan dahsyat itu diperkirakan benar-benar meninju lubang di plasma yang mengelilingi lubang hitam, seperti yang terlihat melalui pengamatan teleskop sinar-X dari gugusan galaksi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2