Ketua DPR Ajak Parlemen Dunia Atasi Penyebaran Wabah Virus Corona

Rabu, 26/02/2020 16:56 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh anggota parlemen di dunia untuk mengatasi penyebaran wabah virus Corona, bersama pemerintah di negara masing-masing.

“Wabah virus Corona bukanlah persoalan atau tanggungjawab satu atau dua negara saja, tapi sudah menjadi persoalan yang perlu diselesaikan bersama-sama oleh semua masyarakat dunia,” kata Puan, saat memberi sambutan dalam acara peresmian Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Dengan Parlemen Negara Sahabat, di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (26/2).

Peresmian GKSB Dengan Parlemen Negara Sahabat ini dihadiri para duta besar  negara sahabat, anggota parlemen luar negeri, anggota korps diplomatik, anggota BKSAP DPR RI dan para anggota DPR RI seluruh fraksi. Wakil Menteri luar negeri Mahendra Siregar ikut menghadiri acara yang dihelat Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Menurut Puan, berbagai forum GKSB dengan parlemen negara sahabat dapat menjadi medium bertukar informasi tentang pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona di negara masing-masing.

“Informasi yang diperoleh anggota-anggota parlemen bisa disampaikan ke pemerintah masing-masing untuk membantu mengatasi penyebaran virus corona," katanya.

Puan menegaskan, penanganan kasus Virus Corona atau Covid-19 menjadi bukti bahwa negara-negara di dunia sudah saling terhubung sehingga seringkali persoalan yang dihadapi sebuah negara turut menjadi persoalan yang harus dihadapi bersama oleh masyarakat dunia.

Karena itu, Puan berharap kegiatan GKSB bersama parlemen negara sahabat diarahkan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dunia.

“Saya berharap GKSB bersama parlemen negara sahabat menghasilkan terobosan atau inovasi ide untuk memecahkan tantangan-tantangan baru di dunia, seperti virus corona ataupun masalah global lainnya,” tegas Puan.

GKSB dengan parlemen negara sahabat merupakan program BKSAP DPR RI yang memfokuskan diri pada  hubungan eksternal DPR-RI dan berperan dalam mendorong kemitraan dengan parlemen-paremen negara lain.

Esensi kerjasama bilateral yang dilakukan BKSAP adalah untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama dengan parlemen–parlemen negara sahabat, sekaligus untuk mempromosikan bidang–bidang kerja sama yang menjadi fokus perhatian kedua negara.

Ketua DPR-RI Puan Maharani mengingatkan bahwa Indonesia mengusung semangat kekeluargaan dalam menjalin hubungan dengan negara-negara di dunia. Menurutnya, semangat itu sejalan dengan konsep hubungan internasional yang dikemukanan presiden pertama  RI Ir. Soekarno: Kita bukan saja harus mendirikan negara Indonesia merdeka, tetapi kita harus menuju pula kepada kekeluargaan bangsa-bangsa.

“Semangat kekeluargaan bangsa-bangsa itulah yang menggerakkan Indonesia untuk semakin aktif dalam diplomasi,  dalam menjalin persahabatan dengan banyak negara,“ ungkap Puan.

Secara umum Puan meminta agar  setiap GKSB menjadi building block untuk membangun trust and mutual understanding antar parlemen dan negara Indonesia dengan parlemen dan negara-negara sahabat.

Sejumlah agenda internasional akan dihelat DPR-RI di tahun 2020, antara lain Indonesia akan menjadi tuan rumah Indonesia Pacific Parliamentary Partnership di bulan Juli dan Sidang Ketua-Ketua Parlemen Eurasia di bulan November.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih