Petisi Tolak Kebijakan Menteri Muhadjir

Selasa, 09/08/2016 13:30 WIB

Baru dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menterinya Muhadjir Effendi langsung gebrakan sekolah belajar sehari penuh atau full day school. Namun gagasan itu, justru mendapat penolakan. Bahkan orang tua murid bernama Deddy MK mengajukan petisi protes usulan tersebut.

Petisi viral melalui charge.org tersebut menuliskan,  belum selesai kita membenahi masalah kurikulum yang kerap kali diacak-acak, sekarang muncul wacana untuk Anak Sekolah Sehari Penuh, dengan alasan pendidikan dasar saat ini tidak siap menghadapi perubahan jaman yang begitu pesat. Semoga bapak2 dan ibu2 tahu bahwa tren sekolah di negara2 maju saat ini adalah less school time, no homework, more about character building.

Alasan lain dari Mendikbud adalah untuk mencegah hal-hal  negatif yang bisa didapat oleh anak di luar sekolah, salah satunya adalah dengan memberi kelas agama, dibandingkan dengan belajar agama di luar sekolah yang mungkin bisa terjerumus ke arah ekstrimis. Terima kasih atas concernnya bapak, tapi kalau hal ini yang perlu belajar adalah orang tuanya, untuk mengarahkan anak agar tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif.

Seseorang bernama Kang Hasan, katanya seorang guru, menulis di http://abdurakhman.com/sekolah-sehari-penuh-merampas-interaksi-anak-orang-tua/ menggambarkan keadaan ini seperti melepas tanggung jawab orang tua terhadap anak2nya ke sekolah, merenggut interaksi antara anak dengan orang tua.

Pemerhati pendidikan lain menganggap bahwa homeschooling menjadi pilihan yang paling tepat dibandingkan mengirimkan anak-anak ke "pabrik" pendidikan yang bernama sekolah sehari penuh.

Semoga dengan mengisi petisi ini kita bisa membuat para pembuat kebijakan sadar bahwa pilihan ini justru berbahaya, dan mendorong kita para orang tua dan praktisi pendidikan untuk dapat mencari solusi terbaik bagi anak2 kita di jangka pendek dan bagi kemajuan Bangsa Indonesia di jangka panjang.

 
Salam,
Deddy MK
Orang Tua Murid


Petisi ini akan dikirim ke:

Presiden RI
Mendikbud
Orang Tua Murid


Baru sehari dilayangkan, jumlah dukungan hingga Selasa, 9 Agustus 2016 pukul 13.30, sudah ditandatangi 14.437 pendukung. Hanya memerlukan 563 pendukung lagi untuk mencapai 15.000.

 

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih