Tolak Pansus Jiwasraya, PKB: Lebih Penting Uang Rakyat Kembali

Rabu, 05/02/2020 18:38 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menolak pembentukan Pansus kasus PT Asuransi Jiwasraya. Mengingat, Panitia Kerja (Panja) di Komisi VI, Komisi XI, dan Komisi III telah berjalan.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal, ketika dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu (5/2). Menurutnya, Panja di tiga komisi tersebut tinggal dimaksimalkan dalam melakukan penyelidikan dan pengawasan.

"Fraksi PKB berpandangan, ini kan Panja sudah jalan. Komisi XI sudah jalan, Komisi VI sudah jalan, Komisi III mulai jalan. Penegakan hukum ada di III, bisnis ada di VI, kemudian keuangan ada di XI," kata Cucun.

Meski demikian, lanjut Cucun, pihaknya tidak melarang anggota yang mengusulkan pembentukan Pansus Jiwasraya sesuai dengan mekanisma dan perundang-undangan yang berlaku di DPR.

"Kita ngga bisa nahan mereka juga, terkait nanti ini hak disetujui atau ngga, nanti kan harus sesuai regulasi UU MD3. Karena harus disetujui setengah anggota DPR di Paripurna. Kalau hanya pengusul saja ya tidak akan berjalan," jelasnya.

"Jadi kita tidak dalam kewenangan untuk melarang atau menahan. Ya itu hak setiap anggota, tapi sesuai mekanisme berjalan saja sesuai yang disampaikan oleh pimpinan kemarin," tegas Anggota Komisi III DPR itu.

Kata Cucun, saat ini yang terpenting adalah bagaimana uang para nasabah Jiwasraya dapat segera dikembalikan oleh pemerintah. Selain itu, aparat penegak hukum harus segera menindak sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam tindak kejahatan korupsi yang merugikan keuangan negara puluhan triliun itu.

"Kalau Fraksi PKB itu berpandangan bahwa kita ini mana yang melakukan tindakan pidana aparat penegak hukum yang harus bertindak. Fraksi PKB kita ingin dana dari rakyat itu kembali. Kan ada pidana juga, tetapi yang lebih penting uang rakyat itu kembali, uang nasabah kembali," demikian Cucun.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2