Jatuh Bangun Megawati Ingin Jadi Peneliti

Selasa, 07/01/2020 10:40 WIB

Tokyo, Jurnas.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan harapannya agar anak-anak muda Indonesia tak sedih alias mellow bila cita-citanya belum kesampaikan.

Bila terus berusaha, akan ada saja jalan baru untuk terus berprestasi dan menggapai cita-cita tersebut.

Megawati mengaku tak asal bicara. Sebagai putri proklamator RI, mantan presiden, dan kini memimpin parpol, jalan yang ia lalui ternyata tak pernah mulus-mulus saja.

Di tengah rangkaian aktivitasnya di Jepang sebelum menerima gelar doktor kehormatan dari Soka University pada Rabu (8/1/2020), Megawati berkisah tentang cita-citanya dulu menjadi seorang peneliti.

"Saya sebetulnya ingin menjadi peneliti, makanya saya ambil jurusan pertanian," kata Megawati.

Kampusnya adalah Universitas Padjajaran Bandung. Namun karena kondisi sosial politik dengan munculnya rezim Orde Baru, Megawati tak sampai selesai mengarungi pendidikannya di sana.

Namun cita-cita sebagai peneliti itu tak padam. Berikutnya dia berkesempatan kembali ke kampus dan kali ini memilih jurusan psikologi di Unversitas Indonesia. Dan kembali studi itu tak selesai.

"Setelah keadaan mulai membaik saya masuk lagi ke Universitas Indonesia ambil fakultas psikologi," kata Megawati.

Walau tak menyelesaikan studinya, Megawati mengaku tak berhenti mengasah kemampuan penelitiannya. Namun jurusannya kini lebih meluas dan universitasnya adalah kehidupan itu sendiri.

Dan terbukti Megawati kini mampu menjadi salah satu perempuan berpengaruhi di dunia dan diakui oleh berbagai belahan dunia. Tak mengherankan berbagai kampus di dunia memberinya gelar doktor kehormatan.

"Sebetulnya, inginnya disitu (bidang pertanian dan psikologi, red) bisa menjadi peneliti. Tapi rupanya ya lain lagi. Saya peneliti politik lah sekarang. Jadi ya begitulah. Tapi poin saya, seringkali anak muda saya lihat putus asa. Terus apa ya, kalau sekarang anak muda bilang `mellow; ya. Lah kenapa ya mesti begitu?" kata Presiden RI Kelima itu.

"Harusnya punya fighting spirit. Itu yang harus ada, karena keberhasilan pasti ada sepanjang harapan masih ada," tandasnya.

Sesuai jadwal, Megawati Soekarnoputri bakal memperoleh gelar doktor honoris causa (DR HC) lagi. Kali ini adalah Universitas Soka di Tokyo, Jepang yang akan memberikan gelar doktor kehormatan untuk Presiden Kelima RI itu.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto Soka University Tokyo menganugerahkan gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan untuk Megawati.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2