Dini Hari, Baznas Masih Lakukan Evakuasi dan Distribusi Logistik

Kamis, 02/01/2020 06:06 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Hujan yang kembali mengguyur Jakarta pada Rabu (1/1) malam, membuat banjir di sejumlah wilayah makin tinggi. Warga yang semula bertahan di rumah masing-masing, mulai meminta untuk dievakuasi ke pengungsian atau lokasi yang lebih aman.

Hingga Kamis (2/1) dini hari, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus menyisir berbagai titik untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Sebanyak 12 personil Baznas mendistribusikan makanan siap saji kepada warga korban banjir di Rumah Susun (Rusun) Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Dengan menggunakan 2 perahu karet, tim menembus banjir yang sudah mencapai 1,5 hingga 2 meter dan merendam sejumlah pemukiman warga.

Tim harus menembus ketinggian banjir dan kondisi listrik yang padam untuk dapat mencapai lokasi rusun.

"Warga yang tinggal di lantai dasar rusun sudah mengungsi ke rumah tetangga di lantai yang lebih tinggi karena banjir sudah merendam rumah mereka. Namun kondisi mereka kekurangan makanan karena terjebak tidak dapat turun, sehingga kami langsung bagikan makanan siap santap," kata Anggota Tim Bazna Tanggap Bencana, Ade Hilman di sela aksinya.

Sementara itu satu tim lain bergerak menuju kawasan Kembangan, Jakarta Barat untuk melakukan evakuasi warga yang malam ini belum dapat bergerak ke lokasi pengungsian. Untuk mencapai lokasi ini, tim beberapa kali harus berhenti karena terkendala dengan banjir yang menggenangi jalanan.

Tim bergerak menggunakan mobil rescue dan membawa sejumlah peralatan evakuasi, termasuk perahu karet.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2