Dosen Rajin Bisa Kantongi Rp25 Juta per Bulan

Sabtu, 23/11/2019 09:42 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Dosen yang gemar serta aktif menulis buku dan jurnal ilmiah, sejatinya mampu menghasilkan pendapatan di atas rata-rata setiap bulannya.

Hanya dengan menulis buku misalnya, dosen dapat membawa pulang Rp22-25 juta, jika buku tersebut didaftarkan kepada kementerian, yang dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

"Jumlahnya bergantung kepada apakah buku itu 100 persen jadi buku ajar atau tidak. Tapi tetap dapat insentif luar biasa," ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Syaiful Bakhri pada Sabtu (23/11) di Jakarta.

Di UMJ, lanjut Syaiful, pihaknya juga kerap memberikan insentif bagi dosen yang berhasil menulis jurnal yang terindeks Scopus. Jumlahnya cukup besar, yakni Rp2 juta.

Sebab menurut dia, tolok ukur kemajuan sebuah bangsa bukan hanya teknologi, melainkan pula perkembangan karya ilmiah serta publikasi riset.

"Saya amati dosen doktor yang rajin melakukan penelitian-penelitian kolaborasi dari pemerintah dengan aktivitas luar biasa itu, setidaknya Rp25 juta itu dia bisa bawa pulang. Kalau enggak (rajin) hanya Rp4-5 juta," kata dia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2