Kemdikbud: Urusan Pendidikan Bukan Cuma Tugas Sekolah

Kamis, 07/11/2019 11:01 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Harris Iskandar menyebut, orang tua seharusnya tidak menyerahkan sepenuhnya urusan pendidikan kepada sekolah.

Dia mengatakan, orang tua harus ikut serta dalam mendidikan anak, termasuk dengan meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengembangkan pendidikan yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

"Anak sekarang cenderung tidak bisa fokus, sedikit narsisme sehingga hal ini memberikan tantangan sendiri bagi kita. Kita memerlukan beberapa strategi pengasuhan yang baik. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus terus meningkatkan kemampuan dan terus belajar bagaimana mengasuh dan mengembangkan anak," kata Harris dalam acara Apresiasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keluarga, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (6/11) malam.

Pendidikan sebagai eskalator dalam memajukan bangsa, menurut Harris, menjadi tanggung jawab bersama antara orang tua, pemerintah, dan masyarakat.

Dia optimistis, jika pendidikan anak diselesaikan secara gotong royong, maka semua permasalahan pendidikan akan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat.

"Pada kesempatan ini saya mengajak kepada semua komponen bangsa, mari kita kontribusikan tenaga, pikiran, dan potensi kita untuk kemajuan pendidikan, untuk kemajuan bangsa ini," ucap Harris.

Penyelenggaran Apresiasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keluarga tahun ini memiliki serangkaian kegiatan, yaitu, pemberian penghargaan kepada Bunda PAUD, Orang Tua Hebat, pemenang Lomba Jurnalistik, Blog, dan Vlog Pendidikan Keluarga, Lomba Film Pendek Anak dan Remaja, Sekolah Sahabat Keluarga, Mitra Sahabat Keluarga, serta beberapa penguatan program pendidikan keluarga kepada para peserta.

Pasangan Bapak Yakobus Manue Fernandez dan Ibu Margaretha Hati Manhitu misalnya, menerima penghargaan sebagai orang tua hebat. Apresiasi ini diberikan berkat jasa kedua orang tua yang berlatarbelakang petani tetapi sukses menjadikan anak kandungnya sebagai Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandez Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini menjadi inspirasi bagi orang tua lainnya untuk memperhatikan pola asuh anak sejak dini.

Meskipun anaknya sudah menjadi Bupati TTU selama dua periode, kedua orang tua ini hidup sederhana. Yakobus dan Margaretha masih menjadi petani dan pedagang hasil bumi di pasar tradisional di daerahnya. Dari penjualan ternak maupun hasil pertanian, kedua orang tua ini masih memberikan uang bulanan kepada anaknya yang sukses menjadi bupati.

TERKINI
Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang? Fantastis! Travis Kelce Berhasil Lelang Tiket Eras Tour Taylor Swift Senilai Rp1,2 Miliar