Eks Presiden Valencia Dihukum Dua Tahun Penjara

Rabu, 02/10/2019 07:20 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Mantan presiden Valencia Juan Bautista Soler dijatuhi hukuman penjara dua tahun oleh pengadilan Spanyol karena berusaha menculik penggantinya, Vicente Soriano, Selasa (01/10) waktu setempat. 

Soler, 63, adalah satu dari empat orang yang dituduh dan dinyatakan bersalah karena mencoba menculik Soriano pada Maret 2014 untuk memaksanya melunasi hutang terkait akuisisi saham klub. Rencana itu gagal karena polisi disiagakan dan Soler dan tiga orang lainnya ditangkap pada April 2014.

"Pengadilan provinsi Valencia mendakwa empat orang bersalah, termasuk seorang pengusaha terkenal yang memimpin Valencia CF, karena berencana untuk menculik dan merampok pengusaha lain yang juga memimpin klub antara 2013 dan 2014," bunyi pernyataan dari pengadilan Valencia dikutip ESPN. 

"Pengadilan menganggap mereka semua bertanggung jawab atas kejahatan penculikan dan percobaan perampokan dengan kekerasan. Pengadilan telah menjatuhkan hukuman penjara dua tahun kepada mantan presiden CF Valencia, satu tahun per setiap kejahatan."

Soler, 63, adalah presiden dan pemegang saham maksimum Valencia dari 2004 hingga Maret 2008 sebelum dia mencapai kesepakatan untuk menjual 70.889 saham kepada Soriano dengan harga € 85 juta, jumlah yang harus dibayar kembali dalam empat angsuran.

Soriano, yang memimpin klub dari 2008 hingga 2009, berniat untuk menjual saham ini kepada kelompok investasi Uruguay, Dalport, tetapi pemerintah daerah Valencia turun tangan untuk memastikan bahwa klub La Liga tidak akan jatuh ke tangan organisasi dengan reputasi tersangka.

Setelah pengunduran diri Soriano, kreditor utama klub, Bancaja, menunjuk sebuah dewan administrasi yang akan mencakup Manuel Llorente, yang kembali ke kepresidenan klub setelah bertugas dalam peran itu antara 1995 dan 2005.

Pada tahun 2009, Llorente mulai dengan peningkatan modal € 92m di klub yang mengurangi nilai saham yang telah diperoleh Soriano dan menakuti Dalport dalam prosesnya. Soriano menolak membayar Soler.

Pengadilan Tinggi Spanyol memutuskan pada Februari 2013 bahwa Soriano dan Dalport harus membayar Soler € 39 juta untuk pelanggaran kontrak.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2