Uniknya Penyajian Kopi Khas Nusantara

Selasa, 01/10/2019 18:01 WIB

Jurnas.com - Kebiasaan minum kopi di Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa kopi semakin digemari oleh setiap kalangan.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia meminum kopi setiap putaran. Populernya kopi di Indonesia karena dua hal, yaitu yang terjangkau dan jenis minuman yang mudah didapat.

Alasan lainnya yaitu, kompilasi segelas kopi yang dibuat, disajikan dengan unik dan berbeda setiap daerahnya. Hal inah yang menjadi keunikan dan ciri khas kopi di tiap-tiap daerah di Indonesia.

Penasaran? Dari sekian banyak penyajian unik kopi di Nusantara , berikut ulasan lima penyajian unik kopi khas Nusantara:

1. Kopi Takar

Biji kopi mandailing memang termasuk kopi yang tersohor di Indonesia, tetapi selain itu Mandailing juga terkenal akan sajian kopinya yang unik. Bernama kopi takar, di mana seduhan kopi dituangkan dan disajikan dalam wadah batok kelapa dengan batang kayu manis yang mempercantik gelas sekaligus sebagai sedotannya.

Aroma dari kopi takar sangat wangi karena pengaruh dari batok kelapa dan kayu manis. Serta tambahan gula aren di buatan, mencipta rasa kopi nusantara menjadi megah di mulut.

2 Kopi Joss

Anda pasti sudah sangat akrab dengan kopi yang berasal dari daerah Yogyakarta ini. Kopi joss merupakan kopi yang disajikan dengan sebongkah arang panas. Ketika arang panas bertemu dengan kopi, maka akan dikeluarkan bunyi "joss", inilah yang disebut dengan nama kopi joss. Kopi joss memiliki aroma yang unik dengan perpaduan aroma arang dan kopi yang bercampur menjadi satu.

3. Kopi Kawa

Bukan hanya daerah mandailing saja yang memiliki sajian kopi yang dituangkan ke batok kelapa. Tapi daerah Bukittinggi juga memakai batok kelapa sebagai gelas. Memang wangi yang dihasilkan akan lebih banyak keluar.

Hal unik lainnya yaitu kopi yang dihasilkan bukan dari bijinya, dirilis dari daun kopi yang disangrai, ditumbuk dan diseduh .

4. Kopi Kasar

Kopi khas Gresik ini memiliki keunikan sendiri jika dilihat langsung warna kopi yang terlihat. Seolah suka melihat perbedaan antara air dan kopi. karena memiliki tampilan layer yang sangat cantik membuat penikmatnya sayang-sayang untuk meminumnya.

Kopi yang tidak digiling secara sempurna ini jika diseduh maka akan naik ke permukaan udara. Jadi saat akan meminumnya, gelas harus diketuk-ketuk bagian tengahnya agar biji kopi cepat sampai ke dasar gelas.

5. Kopi Rarobang

Beralih ke daerah Ambon yang memiliki kopi dengan penyajian unik karena mengandung dengan irisan jahe, tebu, dan kenari jadi dari kemudahan bukan tampak seperti kopi dikembalikan wedang jahe.

Pahit kopi ditambah hangat jahe akan menimbulkan rasa enak pedas di mulut karena tidak jahe yang diiris. Selain itu pemanis yang digunakan dalam kopi rarobang ini berasal dari manis tebu.

TERKINI
Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin