Tangga Lagu Indonesia Terfavorit Ada di Billboard Top 100

Kamis, 26/09/2019 16:36 WIB

Jakarta, Jurnas.com- Industri musik Indonesia terus mengalami perkembangan. Kualitas musik dan juga penerimaan masyarakat saling mendukung. Musisi Indonesia terus berlomba memberikan karya terbaiknya. Karena itulah, Billboard Indonesia akhirnya resmi meluncurkan program Billboard Top 100. Ini merupakan daftar lagu mingguan paling populer di Indonesia yang pastinya akan selalu dinanti oleh pecinta musik Indonesia khususnya dan juga masyarakat luas.
 
"Ini merupakan daftar lagu favorit yang didasarkan pada penghitungan berbagai data, hingga mencetak total skor," kata Chief Operating Officer, Aldo Sianturi, saat jumpa pers di Jakarta Pusat, Rabu 25 September 2019, di Menteng, Jakarta Pusat.

Diungkapkan Aldo, peringkat favorit dihitung dari jumlah lagu yang paling sering didengar masyarakat tiap pekan. Metode penghitungan dinilai dari pendengaran lewat streaming musik, pemutaran radio, streaming video dan karoke.

"Penghitungan ini juga didasarkan pada posisi grafik mingguan. Billboard Indonesia Top 100 hanya akan menampilkan lagu yang memiliki lirik bahasa Indonesia. Lagu asing yang menggunakan sedikit lirik bahasa Indonesia juga masuk dalam tangga lagu tersebut,” terang Aldo.
 
Aldo berharap kehadiran Billboard top 100 memberikan nilai ekonomi bagi industri musik Indonesia. Dia juga ingin gebrakan ini bikin musisi berlomba menciptakan lagu dengan lirik bahasa Indonesia.

Vokalis grup band D’Masiv, Rian Ekky Pradipta menyambut baik hadirnya Billboard Indonesia Top 100. Ini akan semakin memotivasi musisi Indonesia untuk berikan yang terbaik di industry musik Indonesia.

"Dulu, saya senang banget kalau ngelihat lagu band yang saya nongol di chart. Apalagi, kalau band saya sendiri ada di sana. Kehadiran tangga lagu seperi Billboard Top 100 bisa menjadi penilaian musikus terhadap lagu yang mereka ciptakan,” papar Rian.

Kehadiran Billboard Top 100 juga disambut Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.  "Semoga ini bisa bantu para artis menilai rangking penjualan lagu. Juga menjadi upaya mendata dan mendokumentasikan musik Indonesia," harap Triawan.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih