Pesawat Listrik Pertama Norwegia Jatuh ke Danau

Kamis, 15/08/2019 08:20 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pesawat bertenaga baterai pertama Norwegia mendarat di sebuah danau pada hari Rabu dalam kemunduran untuk strategi penerbangan negara tersebut. Polisi mengatakan pilot dan penumpang lolos tanpa cedera.

Pemilik pesawat, operator bandara Avinor, mengatakan tahun lalu bahwa mereka berharap memiliki penerbangan penumpang komersial listrik pada 2025.

Pesawat dua kursi ini diujicobakan oleh kepala eksekutif Avinor Dag Falk-Petersen, yang telah mengundang penumpang kelas atas untuk melihat peluang untuk penerbangan listrik.

Dilansir The National, pesawat Alpha Electro G2, yang diproduksi oleh Pipistrel dari Slovenia, mendarat dengan hidung tertunduk dan sebagian terendam di ujung sebuah danau dekat Arendal di Norwegia selatan.

Penyebab kecelakaan itu tidak segera jelas. "Saya menelepon mayday dan mencari tempat untuk mendarat," kata Falk-Petersen. "Ini tidak baik untuk pekerjaan yang kita lakukan."

Penumpangnya selama kecelakaan itu, Aase Marthe Horrigmo, seorang menteri pemerintahan junior, berada di antara para tamu Avinor pada Rabu, demikian juga Menteri Lingkungan Hidup Ola Elvestuen yang terbang lebih awal pada hari itu.

Pemerintah telah meminta Avinor untuk mengembangkan program untuk penerbangan domestik semua-listrik pada tahun 2040.

TERKINI
Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024