3.000 Penari Akan Meriahkan Festival Tunjukkan Indonesiamu

Jum'at, 02/08/2019 20:45 WIB

Jakarta, Jurnas.com – Tak kurang dari 3.000 penari lokal akan memeriahkan Festival Tunjukkan Indonesia, yang digelar di kawasan FX Sudirman pada 2-4 Agustus 2019.

Kegiatan yang digelar oleh Pertamina Internasional EP (PIEP) ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan nasional, khususnya tarian tradisional dan keraton di Indonesia, serta memperkenalkan kekayaan budaya Tanah Air ke tingkat mancanegara.

“Acara ini akan berlangsung selama tiga hari. Minggu nanti, semuanya akan berkumpul di kawasan FX Sudirman untuk penampilan flashmob tarian tradisional, yang targetnya 3.000 penari,” kata VP Commercial, SCM & ICT PIEP, Maria Rohana Nellia, pada Jumat (2/8) di Jakarta.

Maria menuturkan, Festival Tunjukkan Indonesiamu diselenggarakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Selain dimeriahkan oleh ribuan penari, acara ini juga menyuguhkan beberapa UKM produk lokal, salah satunya Kreasi Masyarakat Baduy yang merupakan hasil binaan program CSR PT Pertamina Internasional EP.

“Produk-produk dari masyarakat Baduy ini pernah kami bawa ke luar negeri. Waktu itu ke Aljazair dan Prancis. Ternyata rata-rata disukai,” tutur Maria.

Sementara Ketua Yayasan Belantara Budaya Indonesia, Diah Kusumawardani menyebut festival ini merupakan bagian dari kampanye untuk mencintai produk-produk lokal. Pasalnya, pada dasarnya merek (brand) lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dari brand internasional.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk rajin menularkan kekayaan budaya Indonesia kepada generasi muda, dengan mempraktikkannya secara langsung, misalnya mengenakan batik di hari-hari tertentu. Hal ini dinilai efektif untuk melestarikan kebudayaan nasional.

“Harus ditularkan ke anak-anak kita. Mulai dari keseharian kita dengan memakai kebaya, kain tradisional, dan tidak pakai brand internasional,” terang Diah.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2