Soal Ibu Kota Baru, Kata Jokowi di Kalimantan

Rabu, 31/07/2019 15:03 WIB

Jakarta, Jurnas.com- Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan nampaknya bukan hanya isapan jempol saja. Presiden RI Joko Widodo menegaskan, bahwa Pulau Kalimantan menjadi tujuan utama menjadi ibu kota baru Indonesia.

Sampai saat ini, pemerintah masih melakukan kajian-kajian terkait berbagai bidang dan sektor. Hal ini untuk mematangkan proses pemindahannya dalam waktu yang tepat. Agustus ini Jokowi akan mengumumkannya.

"Memang dari dulu sudah saya sampaikan, pindah ke Kalimantan. Nah Kalimantannya, Kalimantan yang mana? Nanti kita sampaikan Agustus,” ungkap Jokowi dalam siara persnya Rabu (31/7).

Diterangkan Jokowi, hingga saat ini berbagai kajian dilakukan untuk kebaikan dalam proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Kajian tersebut dari semua sektor, mulai dari ekonomi, demografis hingga masalah sosial politik yang memang harus dipertimbangkan.

"Nanti kalau sudah rampung, sudah tuntas, dan detailnya sudah dipaparkan (seperti) kajian kebencanaan seperti apa, mengenai air, mengenai keekonomian, mengenai demografinya, masalah sosial politik, pertahanan keamanan. Semuanya memang harus komplet," jelasnya.

"Kita tidak ingin tergesa-gesa, tetapi ingin secepatnya diputuskan," sambung Jokowi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2