Pre Marital Checkup untuk Pria Sangat Diperlukan

Sabtu, 13/07/2019 22:21 WIB

Jurnas.com - Dalam kehidupan pernikahan terdapat banyak kasus perempuan kerap disalahkan jika sudah bertahun-tahun belum dikaruniai keturunan. Padahal, kebiasaan yang dilakukan pria sehari-hari juga bisa jadi penyebab sulit punya anak.

Lalu apa saja kebiasaan yang bisa bikin pria tidak subur? Menurut dr Vanessa Mutiara Marcelina gaya hidup cukup berperan dalam meningkatkan ketidaksuburan.

"Contohnya kebiasaan minum alkohol yang berdampak langsung pada sel yang memproduksi hormon testoteron yang menyebabkan kadar hormon berkurang dalam darah," ucapnya dokter dari RS Mitra Keluarga ini.

Selain alkohol, merokok juga memberi pengaruh yg kurang lebih sama bisa menyebabkan masalah pada kualitas air mani hingga menganggu keseimbangan hormon.

Selanjutnya ialah kebiasaan begadang, menunda tidur hingga dapat mengurangi kesuburan pria karena mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan. "Pria yang sering tidur larut malam mengalami penurunan jumlah sperma hingga 25 persen," ucapnya.

Dan selanjutnya ialah junkfood seperti gorengan dan makanan cepat saji bisa menyebabkan penurunan kesuburan hingga kemandulan. Kebiasaan konsumsi junk food dapat menyebabkan obesitas yang bisa menyebabkan ketidaksuburan.

"MCU sangatlah penting karena bertujuan mendeteksi dini penyakit yang terdapat dalam tubuh sebelum timbul gejala sehingga penanganan lebih cepat dan optimal," ucapnya.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2