Jangan Khawatir Jika Si Kecil Alami Growth Spurt

Selasa, 09/07/2019 11:45 WIB

Jurnas.com - Growth Spurt didefinisikan sebagai percepatan pertumbuhan. Saat bayi mengalami growth spurt, tubuhnya akan bertambah besar, lebih cepat dari biasanya.

Lonjakan pertumbuhan ini cenderung terjadi pada waktu tertentu seperti ketika bayi berusia dua minggu, tiga minggu dan enam minggu.

Lalu growth spurt bisa lagi terjadi saat bayi berumur tiga bulan dan enam bulan. Biasanya berlangsung selama satu-dua hari pada bayi baru lahir hingga seminggu pada bayi yang lebih besar.

Kenali tanda-tanda growth suprt berikut ini yuk:

1. Rewel

Bayi menjadi lebih gelisah dan ingin menempel terus. Ia tidak mau ditaruh hanya mau digendong dan dipeluk. Wajar jika Anda merasa lelah. Minta bantuan terdekat untuk mengurus si kecil ketika masa ini ya.

2. Menyusu terus

Pada masa ini, wajar jika si kecil ingin terus menerus menyusu. Jika biasanya frekuensi menyusu sekitar 8 kali sehari, saat growth spurt bisa menjadi 12-14 kali sehari. Berikan si kecil ASI kapan pun ia mau.

3. Pola tidur berubah

Sebuah penelitian menunjukkan selama growth spurt bayi dapat tidur hingga 4,5 jam lebih lama dari biasanya. Hal ini bagus untuk pertumbuhannya karena saat tidur nyenyak otak memproduksi hormon pertumbuhan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2