China Tak Izinkan KTT G20 Bahas Hong Kong

Selasa, 25/06/2019 08:50 WIB

Beijing, Jurnas.com - Asisten Menteri Luar Negeri China Zhang Jun mengatakan, Beijing tidak akan mengizinkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, untuk membahas masalah Hong Kong dalam pertemuan puncaknya di Jepang minggu ini.

Zhang beralasan, aksi protes massal di Hong Kong merupakan urusan internal China, sehingga dalam hal ini tidak memerlukan ikut campur negara asing.

"Yang bisa saya katakan dengan pasti ialah G20 tidak akan membahas masalah Hong Kong. Kami tidak akan mengizinkan G20 untuk membahas masalah Hong Kong," tegas Zhang, pada Selasa (25/6).

"Hong Kong adalah wilayah administrasi khusus China. Masalah-masalah Hong Kong murni urusan internal China. Tidak ada negara asing yang memiliki hak untuk ikut campur," ujar dia.

Seperti diketahui, jutaan orang berdemonstrasi di jalanan kota Hong Kong bulan untuk, menolak RUU Ekstradisi, yang memungkinkan orang dibuang ke China untuk menghadapi persidangan yang dikendalikan oleh Partai Komunis.

RUU ini memicu protes paling keras dalam beberapa dekade terakhir, di mana polisi harus menembakkan peluru karet, dan gas air mata untuk membubarkan massa.

Dilansir dari Reuters, RUU Ekstradisi dan reaksi polisi Hong Kong juga menuai protes internasional dari kelompok-kelompok hak asasi manusia (HAM).

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2