Benarkah Makan Malam Bikin Gendut?

Sabtu, 15/06/2019 22:50 WIB

Jakarta, Jurnas.com – Banyak orang berasumsi bahwa makan malam merupakan salah satu penyebab berat badan cepat naik alias gemuk. Benarkah demikian?

Dilansir dari Health, makan malam sebenarnya tidak menimbulkan kegemukan, jika mengonsumsinya pada waktu yang tepat, serta jenis makanan yang dikonsumsi.

Jika mengonsumsi makanan yang sehat, maka risiko gemuk bisa ditekan. Sedangkan jika memilih makan junk food, dan langsung tidur setelah makan, maka jangan heran berat badan naik perlahan.

Adapun waktu ideal untuk makan malam ialah tiga jam sebelum tidur. Pun, jika tengah malam kamu merasa sangat lapar, dianjurkan untuk memilih makanan tinggi serat dan protein, serta rendah lemah.

Sementara diwartakan oleh Halodoc, terdapat studi yang menemukan bahwa makan malam dengan pola yang tepat, justru baik untuk kesehatan.

Salah satunya penelitian yang dilakukan pada atlet, yakni dengan mengonsumsi makanan ringan tinggi protein 30 menit sebelum tidur, dapat membantu proses pengeluaran energi. Hal ini berguna mempertahankan fungsi normal tubuh saat beristirahat.

Kemudian studi yang dilakukan pada kelompok perempuan obesitas. Konsumsi makanan ringan rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi serat sebelum tidur, dapat menurunkan nafsu makan di pagi hari, sehingga menurunkan asupan kalori harian.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya