China Desak AS Setop Penjualan Senjata ke Taiwan

Jum'at, 07/06/2019 21:01 WIB

Beijing, Jurnas.com - China mendesak Amerika Serikat (AS) segera menghentikan penjualan senjata ke Taiwan. Washington juga harus memutuskan hubungan militernya dengan negara yang diklaim berada di bawah kebijkan Satu China itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Heng Shuang dilansir dari People`s Daily pada Jumat (7/6) mengungkap rencana AS menjual senjata senilai US$2 miliar ke Taiwan, termasuk tank.

"Kami sangat peduli dengan gerakan yang relevan dari pihak AS. China menentang penjualan senjata AS dan Taiwan, itu konsisten dan jelas," kata Geng.

Dalam keterangannya, Geng juga memaksa AS menyadari sensitivitas tinggi serta bahaya yang serius terkait penjualan senjata, mematuhi prinsip Satu China, dan komunikasi tiga negara.

"Kami mendesak pihak AS untuk menghentikan penjualan senjata ke Taiwan dan memutuskan hubungan militer mereka, secara bijaksana dan benar menangani masalah-masalah terkait Taiwan," ujar Geng.

"Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan serius pada hubungan China-AS, serta perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan," tandas dia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2