Herpes Genital: Kenali Penyakit dan Risiko Penularannya

Jum'at, 17/05/2019 17:20 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Meskipun data WHO mencatat bahwa 417 juta orang di dunia mengalami Herpes Genital. Pengetahuan masyarakat di seluruh dunia tentang penyakit ini, termasuk di Indonesia masih sangat kurang.

Sampai saat ini, masih banyak terdapat mitos, pengertian yang salah tentang Herpes Genital, sehingga masyarakat tidak mengetahui secara tepat apa sebenarnya penyakit ini, bagaimana penyebarannya dan bagaimana mencegah serta mengobatinya.

Herpes Genital memang jarang menyebabkan kematian namun demikian penyakit ini bersifat kronis, dapat bertahan selama bertahun-tahun atau seumur hidup.

Penyakit ini menular melalui kontak seksual dan dapat mengenai pria maupun wanita. Walaupun pengobatan supresi dapat membantu, jika sudah
terkena maka Virus akan tetap ada dalam tubuh sehingga penyakit ini tidak dapat diobati secara permanen.

Oleh karena itu, kesadaran akan penyakit ini harus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat tanggap terhadap penyakit ini, mengenali penyakit ini secara tepat serta mewaspadai penularannya.

Dr. dr. Wresti Indriatmi, SpKK(K), M.Epid menjelaskan jika Herpes Genital salah satu penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang diakibatkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV) tipe 1 dan 2.

"Biasanya tipe 1 ditularkan melalui oral ke oral sedangkan tipe 2 melalui aktivitas seksual, namun dengan semakin berkembangnya bentuk aktivitas seksual maka terkadang ditemukan HSV tipe 1 di area genital," ujarnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2