Peristiwa Sejarah 11 Mei

Senin, 11/05/2020 19:01 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Tanggal 11 Mei yang jatuh pada hari ke-131 (hari ke-132 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

330 - Bizantium diubah namanya secara resmi menjadi Nova Roma ("Roma Baru") pada sebuah upacara pemberkatan, tetapi lebih populer disebut Konstantinopel.

1812 - Perdana menteri Inggris, Spencer Perceval, dibunuh oleh John Bellingham di lobi gedung House of Commons, London.

1858, Minnesota bergabung dengan Amerika Serikat sebagai negara ke-32.

1862 - Angkatan laut Konfederasi menghancurkan kapal berbahan besi Merrimac untuk mencegahnya jatuh ke tangan pasukan Union yang maju.

1910 - Taman Nasional Gletser di Montana diciptakan oleh tindakan Kongres.

1924 - Karl Benz dan Gottlieb Daimler menggabungkan perusahaan mereka, membentuk Mercedes-Benz.

1928 - Program televisi pertama yang dijadwalkan secara teratur dimulai oleh stasiun WGY di Schenectady, NY.

1949 - Israel menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

1963 - Pemboman di Birmingham, Ala., Terhadap para aktivis Hak-Hak Sipil tanpa kekerasan memicu krisis yang mengarah pada keterlibatan pasukan federal .

1987 - Emmanuel Vitria meninggal di Marseilles di Prancis selatan pada usia 67, 18 tahun setelah menerima hati manusia yang ditransplantasikan. Dia adalah pasien transplantasi jantung yang bertahan lama pada saat itu.

1995 - Di New York City, lebih dari 170 negara memutuskan untuk memperpanjang Perjanjian Nonproliferasi Nuklir tanpa syarat.

1996 - Sebuah pesawat ValuJet jatuh di Florida Everglades, menewaskan 110 orang.

1997 - Komputer milik IBM bernama Deep Blue mengalahkan pecatur ulung Garry Kasparov.

1997 - Juara catur dunia Garry Kasparov dikalahkan oleh komputer, IBM Deep Blue, dalam pertandingan enam pertandingan di New York.

1998 - Tes nuklir untuk pertama kalinya oleh India memprovokasi tetangganya Pakistan yang sudah punya senjata nuklir.

2006 - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan kepada siswa di Indonesia bahwa Israel adalah "rezim jahat" yang akan segera "dimusnahkan."

2009 - Jenderal David McKiernan, komandan tertinggi AS di Afghanistan, dipecat dan digantikan oleh Letnan Jenderal Stanley McChrystal. McChrystal mengundurkan diri setahun kemudian setelah artikel yang memberatkan di Rolling Stone.

2018 - Seorang pria Australia melakukan bunuh diri dengan bunuh diri , bunuh diri, istrinya, anak perempuan mereka, dan empat cucu mereka.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2