Tips Mengatur Gaji Bulanan yang Pas-pasan

Sabtu, 20/04/2019 11:43 WIB

Jakarta, Jurnas.com – Kemampuan manajerial sangat dibutuhkan dalam mengatur finansial. Terutama bagi yang bergaji pas-pasan dan hidup sendiri, mengelola pengeluaran dan pemasukan harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak, kamu terancam gigit jari lho di akhir bulan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tips mengatur gaji bulanan yang pas-pasan:

Menabung

Meskipun gaji pas-pasan, jangan lupa sisihkan sebagian untuk menabung. Dengan menabung, kamu punya simpanan yang dapat digunakan dalam kondisi darurat.

Jangan lupa juga, pisahkan rekening tabungan dengan rekening yang kamu gunakan untuk berbelanja sehari-hari. Anggap saja uang yang masuk ke rekening tabungan sebagai uang hilang.

Gunakan uang seperlunya

Kesalahan lainnya yang sering orang-orang lakukan ialah memenuhi dompet mereka dengan uang tunai. Padahal cara ini membuat nafsu berbelanja kamu makin menggebu-gebu.

Nah, coba deh mulai sekarang ambil uang tunai seperlunya saja. Sisanya, bisa kamu tabung atau simpan di ATM.

Catat pengeluaran

Jika kamu termasuk orang yang boros, sepertinya kamu perlu mencatat seluruh pengeluaran bulanan. Dengan demikian, kamu bisa menetapkan prioritas yang bisa dibeli, dan mana yang harus menunggu di daftar keinginan (wish list) dulu.

Hindari kredit

Untuk yang satu ini wajib kamu hindari jika memang barang tersebut tidak perlu-perlu banget. Memang, kredit awalnya terlihat mudah, namun setelah berjalan beberapa bulan, kamu akan merasa terbebani. Kecuali kamu siap lembur untuk mendapatkan uang lebih banyak.

Pilih teman

Jangan salah, teman juga bisa menjadi penyebab kamu boros lho. Berteman dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup sederhana, bisa membuat kamu lebih hemat.

Sebaliknya, jika berteman dengan mereka yang gemar menghambur-hamburkan uang, mau tidak mau kamu harus menyesuaikan dengan pola hidup mereka.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa