Ahli Paleontologi Temukan Kulit Dinasaurus di Korsel

Rabu, 10/04/2019 15:29 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ahli paleontologi telah menemukan serangkaian jejak kaki dinosaurus dengan pola kulit yang terpelihara di dalamnya.

"Ini adalah trek pertama yang pernah ditemukan di mana tayangan kulit sempurna menutupi seluruh permukaan setiap trek," Martin Lockley, seorang profesor geologi di University of Colorado, Denver, dilansir UPI.

Jejak dan jejak kulit ditinggalkan oleh Minisauripus , salah satu theropoda terkecil yang diketahui. Jejak kaki yang langka sangat kecil sehingga hampir hancur pada tahap awal penggalian skala besar di dekat Jinju, Korea Selatan, tetapi para peneliti melihat jejak halus tepat pada waktunya.

"Jejak dibuat pada lapisan lumpur halus yang sangat tipis, seperti lapisan cat baru setebal satu milimeter," kata Lockley.

Analisis lapisan lumpur mengungkapkan kesan tetesan hujan. Hujan turun tepat sebelum raptor kecil itu berlari melintasi lumpur. Jejak kaki dan jejak kulit dengan cepat ditutupi oleh lapisan lumpur lainnya, menjaga jejak selama lebih dari 120 juta tahun.

Para ilmuwan menyamakan tekstur kulit raptor dengan ampelas sedang. Jejak kulit juga mengungkapkan pola skala kecil therepod - pola yang mirip dengan jejak kulit parsial yang ditemukan dalam cetakan dinosaurus theropoda karnivora yang lebih besar.

Temuan terbaru, yang diterbitkan minggu ini di jurnal Scientific Reports , menunjukkan Korea Selatan dibanjiri dengan raptor miniatur selama periode Cretaceous.

Tahun lalu, para peneliti melaporkan penemuan cetakan yang mewakili dinosaurus terkecil yang ditemukan di dasar danau kering di Korea Selatan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2