Sektor Pertanian Meningkat, Menteri Amran Berangkatkan Penyuluh ke Thailand

Rabu, 10/04/2019 13:36 WIB

Makassar, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mantan) Andi Amran Sulaiman memberangkatkan dua penyuluh asal Papua dan Aceh ke Thailand dalam acara Apresiasi dan Penguatan Penyuluh dan Petani Andalan di GOR Sudiang Raya, Biring Kanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (10/4).

"Kami memberikan penghargaan ini kepada para penyuluh-penyuluh hebat se Indonesia. Mereka pahlawan pangan. Karena merekalah, sektor pertanian dalam kurun 4,5 tahun di Pemerintahan Jokowi-JK sektor pertanian meningkat signifikan," kata Amran.

Amran menjelaskan, kedua penyuluh itu akan diberangkatkan ke Thailand sesudah Pemilu untuk melakukan studi banding sembari mempelajari teknologi di negara itu untuk disebarluaskan di Indonesia.

Kedua orang yang diberangkatkan ke Thailand itu masing-masing Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Nurlisma dan Penyuluh Pertanian asal Kabupaten Timika, Matias Mukah.

Dimintai keterang usai acara sosialisasi, Nurlisma mengatakan, Menteri Amran memang sangat gigih memperjuangkan nasib petani, seperti memperjuangan petani mendapatkan pupuk yang bermutu dan bersertifikat.

"Alhamdulillah, walaupun kami sebagai penyuluh sudah tua, tapi kami harus tetap belajar. Dengan pak menteri kasih hadiah belajar ke Thailand mungkin kita bisa belajar dan meniru bagaimana mengembakan pertanian dan mengetahui teknologi budidaya yang di terapkan Thailand," ujar Nurlisma.

Sementara itu, Matias Mukah mengaku sangat berterima kasih setelah selama 15 tahun menjadi penyuluh pertanian akhirnya diberikan kesempatan berkunjung ke Negeri Gajah.



"Kami sangat berterima kasih mendapat kesempatan melakukan studi banding ke Thailand setelah menjadi penyuluh selama 15 tahun. Ini terjadi di pemerintah Jokowi-JK, kami ingin pak Amran tetap jadi Menteri," katanya.

Sekedar diketahui, inflasi bahan pangan pada 2013 berada diposisi terburuk di dunia. Namun berkat kerja keras penyuluh selama 4,5 tahun di pemerintahan Jokowi-JK, Indonesia mampu menekan inflasi dari 10,57 persen di tahun 2014 menjadi 1,26 persen di tahun 2017.

"Ada tola 12 negara yang kita lampaui, sebentar lagi Amerika Serikat kita lampaui. Ini berkat kerja keras penyuluh, kami hanya bagian kecil dari keluarga besar pertanian," ucapnya.

Capaian ekspor komoditas pertanian hingga saat ini melonjak 26 persen, nilainya Rp 1.700 triliun. Begitu PDB sektor pertanian naik 47 persen, total akumulasi nilainya Rp 1.375 triliun atau separuh dari APBN.

"Itu baru kenaikan saja, tapi Indonesia juga meraih peringkat ke-5 dunia PDB sektor pertanian. Ini hasil kerja penyuluh penyuluh di seluruh Indonesia," paparnya .

Kemudian, melansir data yang dirilis The Economic Inteligence Unit, untuk kategori keberlanjutan pertanian, Indonesi berada pada peringkat 16 dunia. Yang membanggakan adalah Amerika Serikat di bawah Indonesia.

"Dan nilai investasi naik 100 persen karena kita menerapkan Online Single Submission. Dulu minta izin dua hingga tiga tahun, kemudian dipangkas jadi tiga bulan, kemudian dipangkas lagi menjadi 3 jam," tutur Amran.

Selanjutanya, kata Amran, capaian sektor pertanian juga mampu meningkatkan daya beli petani dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani.

Data BPS menunjukkan NTP Pertanian 2018 sebesar 102,46 naik 0,42 persen dibandingkan tahun 2014 sebesar 102,03. Begitu pun untuk NTUP 2014 hingga 2018 juga meningkat bagus, naik 5,39 persen.

"Jika ada yang mengatakan harga pangan mahal, itu tidak terukur. Kalau memberikan data harga stabil dua hingga tiga terakhir karena inflasi tertekan dari 10 menjadi 1 persen. Itu artinya apa? Turun 90 persen dan itu tidak mudah. Inilah capaian tertinggi sektor pertanian sepanjang sejarah," tegasnya.

"Kemiskinan pun turun. Di pemerintahan Jokowi-JK kemiskinan masuk satu digit, di bawah 2 digit. Ini pertama dalam sejarah. Ini adalah kerja keras para penyuluh," pintanya

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2