Keputusan Trump soal Golan jadi Ancaman Timur Tengah

Selasa, 26/03/2019 21:06 WIB

Moskow, Jurnas.com -  Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki akan memiliki konsekuensi negatif bagi stabilitas di Timur Tengah.

"Keputusan seperti itu jelas memiliki konsekuensi negatif baik dari sudut pandang proses penyelesaian Timur Tengah, maupun dari sudut pandang atmosfer umum dalam resolusi politik di Suriah. Tidak ada yang meragukan itu," kata Juru Bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskova kepada para wartawan.

Peskova menyatakan penyesalannya atas tindakan tersebut, mengatakanbahwa keputusan itu merupakan satu lagi langkah Washington yang jelas melanggar hukum internasional.

Pada Senin (25/3) waktu setempat, Trump menandatangani proklamasi presiden yang secara resmi mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel.

PBB mengatakan status hukum Golan akan tetap tidak berubah - terlepas dari pengumuman Trump - dan akan tetap dianggap sebagai wilayah pendudukan di bawah hukum internasional..Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah selama Perang Enam Hari pada 1967.

Negara itu menduduki sekitar dua pertiga Dataran Tinggi Golan sebagai dampak konflik.

Mereka secara resmi pindah dengan mencaplok wilayah itu pada 1981, aksi tersebut ditolak oleh Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat. (Anadolu)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2