Menteri Amran: Mobil Dinas Kami Tiga Kali Mogok Demi Sejahterakan Petani

Kamis, 21/03/2019 20:35 WIB

Garut, Jurnas.com - Memoratorium anggaran perjalanan dinas hingga pembelian operasional merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap para petani di seluruh wilayah.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bahkan membeberkan bahwa mobil dinas yang ditumpanginya sudah berusia 12 tahun dan pernah mengalami mogok hingga tiga kali karena tidak diganti-ganti demi mensejahterakan para petani.

"Mobil kami sudah tiga kali mogok. Kami pernah naik gojek dan naik taksi. Tapi nggak apa-apa sebab kami juga dari desa yang sudah terbiasa naik kuda bahkan jalan kaki," ujar Amran disela Apresiasi dan sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Garut, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Kementan telah mencoret anggaran biaya perjalanan dinas sebesar Rp800 miliar dan menaikkan anggaran pertanian dari sebelumnya hanya 35 persen menjadi 85 persen untuk peningkatan produksi pangan dan membantu petani.

"Anggaran yang tidak penting kami coret dialihkan untuk membelikan bibit jagung, bibit kopi, ayam, domba dan pupuk kepada para petani," jelas Amran.

"Kami juga coret biaya seminar, biaya operasional, biaya kunjungan luar negeri biaya MC dan biaya cipika-cipiki yang tidak penting," sambungnya.

Perlu diketahui, pagu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementan pada 2018 sebesar Rp 22,6 triliun. Sebanyak 85 persen atau sekitar Rp19,3 triliun dianggarkan untuk petani.

Sementara sisa anggarannya yakni sekitar Rp3,3 triliun digunakan untuk keperluan lain, yakni belanja pegawai, belanja operasional, serta belanja modal. Sebelumnya pada 2017 pagu APBN Kementan sebesar Rp22,1 triliun.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2