Singapura Beli Empat Pesawat Tercanggih AS

Jum'at, 01/03/2019 18:30 WIB

Singapura, Jurnas.com – Singapura berencana membeli empat pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat, yang notabene pesawat tempur paling canggih, guna memperbarui armada militer yang semakin tua.

Negara kota yang memiliki salah satu militer paling lengkap di Asia itu mengumumkan pada Januari lalu, bahwa mereka telah memilih jet Lockheed Martin ketimbang, dan berencana untuk membeli sejumlah kecil, sebelum memutuskan untuk menggunakan armada penuh.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan, Singapura akan membeli empat F-35 di awal. “Juga dengan opsi delapan berikutnya jika kami memutuskan untuk melanjutkan,” kata Ng.

Harga F-35 saat ini berkisar dari US$ 90 juta hingga US$115 juta, lanjut Ng, menambahkan biaya telah terus turun karena pesanan yang sehat dari seluruh dunia.

Dikutip dari AFP, penjualan itu menurut dia harus disetujui oleh Kongres AS, tetapi telah mendapat dukungan dari pemerintah AS.

Singapura selama beberapa tahun telah mempertimbangkan sejumlah jet tempur, untuk menggantikan armada F-16 saat ini.

Diketahui, F-35 merupakan pesawat supersonik yang karakteristik siluman canggihnya memungkinkan pilot untuk menghindari deteksi oleh radar, menurut Lockheed Martin.

Kemampuan peperangan elektronik canggih memungkinkan pilot untuk menemukan dan melacak pasukan musuh, radar macet dan mengganggu serangan.

Militer Singapura juga memiliki jet tempur F-15, helikopter Apache, dan kapal selam dalam gudang senjatanya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2