AS: Proposal Denuklirisasi Korut Tidak Jelas

Jum'at, 01/03/2019 10:42 WIB

Manila, Jurnas.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menilai proposal denuklirisasi yang diajukan oleh Korea Utara (Korut) tidak jelas.

Selama pertemuan yang digelar di Hanoi, Vietnam, Pemimpin Korut Kim Jong Un tidak memberikan keterangan lengkap terkait persiapan pembongkaran fasilitas nuklir Yongbon.

“Mereka cukup ekspansif sehubungan dengan apa yang mereka siap lakukan di Yongbyon, tetapi masih belum ada kejelasan lengkap sehubungan dengan ruang lingkup penuh dari apa yang mereka siap tawarkan,” tegas Pompeo dilansir dari Reuters pada Jumat (1/3).

Selanjutnya, Pompeo menegaskan bahwa AS ingin kembali ke meja perundingan untuk melanjutkan pembicaraan tersebut.

“Pada dasarnya Korut meminta penghapusan sanksi penuh,” ujar dia.

KTT kedua AS-Korut di Hanoi berakhir gagal. Trump mengatakan Korut menginginkan pencabutan sanksi penuh, sementara Kim melalui Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho ingin pencabutan sanksi sebagian, yakni terkait mata pencaharian masyarakat, bukan militer.

Ditambahkan, Ri mengatakan sebuah proposal realistis juga telah diajukan kepada AS untuk membongkar semua situs nuklir utamanya di Yongbyon.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih