Lebah Raksasa Kembali Ditemukan di Maluku Utara

Sabtu, 23/02/2019 16:01 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ilmuan dunia berhasil menemukan kembali lebah raksasa yang tersembunyi di sebuah hutan terpencil di daerah Maluku Utara, setelah 38 tahun terakhir terlihat di dunia.

Dengan lebar sayap enam sentimeter, lebah raksasa Wallace adalah yang terbesar di dunia, tetapi sejak terakhir kali terlihat pada tahun 1981, para ilmuwan yakin itu mungkin telah punah.

Untuk mengetahuinya dengan pasti, tim peneliti kecil berangkat untuk menemukan makhluk itu awal tahun ini, mengungkapkan pada Jumat bahwa mereka menemukan seorang ratu sendirian yang tinggal di sebuah pulau Maluku Utara.

"Di tengah penurunan global yang terdokumentasi dengan baik dalam keanekaragaman serangga, adalah luar biasa menemukan bahwa spesies ikonik ini masih bertahan," kata anggota tim, profesor kehormatan Simon Robson dari University of Sydney dilansir Xinhua.

Tim ini didukung oleh Konservasi Margasatwa Global yang berbasis di Amerika Serikat yang menjalankan program Search for Lost Species, dan juga melibatkan para ahli dari negara lain.

Bergabung dengan mereka adalah fotografer konservasi Clay Bolt, yang mengatakan tentang pengalaman itu - "benar-benar menakjubkan melihat `bulldog terbang` serangga yang kami tidak yakin ada lagi."

"Melihat betapa indah dan besarnya spesies ini dalam kehidupan nyata, mendengar suara sayapnya yang raksasa saat terbang melewati kepalaku, sungguh luar biasa."

Lebah raksasa betina membuat sarangnya di gundukan rayap arboreal aktif yang merupakan tempat tim menemukan spesimen mereka setelah mengintai situs selama lima hari berturut-turut.

Spesies ini mengambil namanya dari Alfred Russel Wallace, seorang naturalis Inggris yang mengembangkan teori evolusi melalui seleksi alam bersamaan dengan Charles Darwin.

Wallace menghabiskan antara 1854 dan 1862 menjelajahi daerah di sekitar Indonesia untuk mendokumentasikan satwa liar, yang ketika ia menemukan lebah raksasa, menggambarkannya sebagai "serangga besar seperti tawon hitam, dengan rahang besar seperti kumbang rusa."

Itu tidak terlihat lagi sampai tahun 1981 oleh ahli entomologi Adam Messer yang menemukannya di tiga pulau Indonesia yang berbeda dan mampu mendokumentasikan beberapa perilakunya sebelum hilang lagi selama hampir empat dekade.

"Penemuan kembali Messer memberi kami beberapa wawasan, tetapi kami tidak tahu apa-apa tentang serangga luar biasa ini," kata anggota tim lain Eli Wyman dari Universitas Princeton di Amerika Serikat.

"Saya berharap penemuan kembali ini akan memicu penelitian yang akan memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang lebah unik ini dan menginformasikan setiap upaya di masa depan untuk melindunginya dari kepunahan."

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Klub Raffi Ahmad Degradasi ke Liga 2 Musim Depan