Rumor Kudeta Thailand Jelang Pemilihan Umum

Selasa, 12/02/2019 08:30 WIB

Bangkok, Jurnas.com - Menghembus desas-desus kudeta Thailand, menjelang pemilihan umum. Disebutkan ada sekolompok orang yang memalsukan instruksi junta militer di Negeri Gajah Putih.

Menurut The Nation, instruksi itu menyebutkan bahwa jabatan Komandan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara harus dicopot.

"Pernyataan palsu itu juga mengklaim pencopotan jabatan itu telah disetujui dan diumumkan secara resmi di Royal Gazette," kata harian tersebut.

Sekretariat Kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha sedang mempertimbangkan langkah hukum atas orang-orang yang "memalsukan" instruksi junta.

"Instruksi palsu itu dibarengi dengan desas-desus kudeta," papar harian The Nation.

Wakil juru bicara pemerintah Thailand, Taksada Sangkachan, mengimbau masyarakat agat tidak mempercai rumor itu. Rumor menyebar saat anggota keluarga kerajaan menerima nominasi untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri dalam pemilihan umum mendatang.

Namun, Raja Maha Vajiralongkorn menyebut penunjukkan keluarga kerajaan tidak pantas dan tidak sah.

Negara yang mayoritas penduduknya menganut Buddha itu berada di bawah kekuasaan militer sejak tahun 2014.

Sekedar diketahui, pemilihan umum dijadwalkan berlangsung pada 24 Maret, pertama kalinya sejak pemerintah sipil digulingkan oleh militer Thailand pada 2014.

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan