Nambah Lagi Satu Negara Akui Guaido Sebagai Presiden Sementara Venezuela

Senin, 04/02/2019 17:36 WIB

Copenhagen, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen menyampaikan dukungan negaranya terhadap pemimpin oposisi, Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela. Bukan hanya itu, ia bahkan mengakui Guaido sebagai sosok yang sangat berani.

"Saya baru saja berbicara dengan Guaido, saya mengatakan kepadanya bahwa Denmark sepenuhnya mendukung rakyat Venezuela dalam memperjuangkan demokrasi," ungkap Samuelsen lewat akun Twitter miliknya.

"Sekarang ini adalah kesempatan terakhir bagi rezim Maduro yang menyalahgunakan wewenangnya untuk menentukan peta jalan demokrasi," tambahnya.

Dilansir dari Anadolu, keputusan Denmark mengikuti negara-negara Eropa lainnya seperti Perancis, Jerman dan Spanyol dalam menanggapi perkembangan di Venezuela.

Peristiwa unjuk rasa yang dilakukan pada 23 Januari yang dilakukan kelompok oposisi dan pendukung pemerintahan Maduro di negara tersebut menggemparkan dunia.

Pada tanggal yang sama, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengakui pemimpin oposisi Venezuela, Guaido, sebagai presiden sementara.

Langkah ini menyebabkan eskalasi paling signifikan dalam perseteruan yang sedang berlangsung antara Washington dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Beberapa saat sebelum pengumuman Trump, Guaido, seorang insinyur industri, mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara di hadapan massa di ibu kota Venezuela, Caracas.

Maduro mengecam keputusan itu, lalu mengumumkan bahwa negaranya memutuskan hubungan diplomatik dengan AS dan memberikan waktu 72 jam bagi para diplomatnya untuk meninggalkan negara itu.

Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza menyebut upaya kudeta tersebut direncanakan di Washington, kemudian pemerintah AS memberikan instruksi secara terang-terangan kepada seluruh aktor dan pemerintah di dunia agar kudeta tersebut dapat berjalan.

Hingga kini, negara Meksiko, Turki, Rusia, Iran, Kuba, China dan Bolivia menegaskan dukungan mereka terhadap pemerintahan Presiden Venezuela Maduro.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?