Korut Bakal Berbenah Jelang Pertemuan dengan AS

Kamis, 24/01/2019 07:50 WIB

Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan "sangat puas" setelah menerima surat dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, menjelang pertemuan puncak kedua antara kedua pemimpin.

Dikutip dari AFP, Kim membuat "persiapan teknis yang baik" untuk pertemuan itu, kata kantor berita resmi KCNA, dalam komentar pertama negara yang terisolasi itu pada pembicaraan yang dijadwalkan bulan depan.

Surat itu diserahkan kepada Kim oleh salah satu tangan kanannya, wakil Ketua Kim Yong Chol, yang bertemu Trump di Gedung Putih pekan lalu ketika kedua negara mencari kesepakatan denuklirisasi, yang dapat meringankan beberapa dekade permusuhan.

"(Kim) sangat memuji Presiden Trump karena menyatakan tekadnya yang tidak biasa dan kemauan untuk penyelesaian masalah dengan minat besar pada KTT DPRK-AS kedua," kata KCNA.

Pemimpin bertangan dingin itu mengatakan Korea Utara akan "percaya pada cara berpikir positif Presiden Trump" ketika negara-negara maju "langkah demi langkah" ke arah tujuan mereka, agensi menambahkan.

Pada Sabtu lalu, Trump mengatakan lokasi untuk KTT telah diputuskan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Namun, sebuah sumber pemerintah Vietnam mengatakan kepada AFP "persiapan logistik" sedang dilakukan untuk menjadi tuan rumah pertemuan itu, kemungkinan besar di ibukota Hanoi atau kota pesisir Danang.

Gedung Putih telah mengonfirmasi pertemuan puncak akan berlangsung pada Februari mendatang.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2