Pria Ini Nekat Bakar Diri di Depan Umum

Sabtu, 19/01/2019 14:10 WIB

Jakarta - Seorang pria membakar dirinya di Praha dalam sebuah acara memperingati 50 tahun bakar diri seorang mahasiswa sebagai protes atas invasi Soviet.

Pria berusia 54 tahun itu membakar dirinya sendiri di Wenceslas Square setelah menyiram dirinya dengan cairan yang mudah terbakar. Saksi mata memadamkan api dan meminta bantuan medis.

Radio Praha melaporkan pria itu membakar lebih dari 30 persen tubuhnya dan dokter membuatnya koma.

Dilansir UPI, meskipun motif insiden itu tidak jelas, itu bertepatan dengan peringatan ke-50 tahun dimana Jan Palach bunuh diri dengan membakar dirinya di lapangan yang sama.

50 tahun sebelumnya seorang pemuda erusia 21 tahun itu memprotes invasi Pakta Warsawa ke Cekoslowakia yang menghancurkan gerakan reformasi Musim Semi Praha.

Peringatan kematian Palach diamati di Wenceslas Square dengan upacara peletakan karangan bunga. Pada tahun 1990, jasadnya dimakamkan di pemakaman Praha yang diperuntukkan bagi orang-orang Ceko terkemuka.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2