Ganti Baterai Smartphone Bisa Selamatkan Dunia

Kamis, 17/01/2019 11:15 WIB

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas MsMaster Kanada menemukan bahwa mengganti baterai tidak hanya akan membantu pengguna smartphone, tetapi juga bisa membantu menyelamatkan planet ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cleaner Production, memiliki berita buruk untuk jejak karbon pengguna ponsel cerdas: Pada tahun 2007, industri TIK menyumbang sekitar satu persen dari emisi gas rumah kaca, tetapi pada 2017 yang telah tiga kali lipat dan diperkirakan akan melonjak hingga 14 persen pada 2040.

Menurut sebuah studi terbaru oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, dunia secara keseluruhan menghasilkan 44,7 juta metrik ton yang disebut "limbah elektronik" pada 2016 lalu. Pasalnya, lebih banyak yang membuang smartphonenya ketimbang mengganti baterai yang sudah rusak.

Apa yang menyebabkan ini? Menurut Dewan Literasi Lingkungan: "Konsumen menggunakan ponsel selama rata-rata 18 bulan sebelum mereka membuangnya, periode yang jauh lebih pendek daripada siklus hidup ponsel yang lebih tua."

Dan terlepas dari kenyataan bahwa orang memiliki hubungan yang hampir sekali pakai dengan smartphone mereka, orang tidak mendaur ulang mereka.

“Berdasarkan penelitian kami dan sumber-sumber lain, saat ini kurang dari 1 persen smartphone sedang didaur ulang. Untuk itu harusnya para pengguna tidak buru-buru membuang handphonenya melainkan hanya mengganti baterai saja,” ujar Lotfi Belkhir, penulis studi McMaster University,.

Ada juga daftar panjang logam mulia yang digunakan dalam pembuatan smartphone, termasuk emas, perak, tembaga, platinum, dan paladium.

Meskipun hanya sedikit jumlah masing-masing yang digunakan, fakta bahwa sekitar 4,6 miliar orang memiliki ponsel pintar pada tahun 2018, dan tingkat penggunaannya pada kami berarti sedikit komponen berharga yang digunakan kembali atau didaur ulang.

"Satu juta ponsel dapat mengirimkan hampir 16 ton tembaga, 350kg perak, 34kg emas dan 15kg palladium. Jadi itu pasti menambah,” ujar penelitian tersebut.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2