Pemberontak Houthi Tak Patuhi PBB

Selasa, 08/01/2019 12:10 WIB

Jakarta – Koalisi Arab yang mendukung pemerintah Yaman menyatakan bahwa pemberontak Houthi Yaman tidak menunjukkan niat untuk mengimplementasikan kesepakatan gencatan senjata yang diperantarai PBB di Hodeidah.

Pemerintah mengatakan tidak akan ada negosiasi lebih lanjut dengan pemberontak sampai mereka bertindak berdasarkan kesepakatan yang dicapai pada perundingan yang diperantarai PBB di Swedia bulan lalu.

Kolonel Turki Al Malki, juru bicara koalisi, mengatakan pemberontak melanggar gencatan senjata di kota pelabuhan Hodeidah dengan terus-menerus membom masjid dan menargetkan pasukan pemerintah.

"Kaum Houthi tidak berniat mengimplementasikan kesepakatan damai Swedia dan telah melanggar perjanjian 368 kali," kata Al-Malki dikutip The Nation.

Pembicaraan di Swedia menghasilkan terobosan ketika pihak-pihak yang bertikai menyepakati gencatan senjata di Hodeidah yang mulai berlaku pada 18 Desember, serta penarikan semua pasukan dari daerah tersebut.

Kolonel Al Malki mengatakan koalisi tetap berkomitmen untuk menemukan solusi politik untuk perang di Yaman, tetapi seorang pejabat pemerintah mengatakan bahwa mereka tidak akan mengambil bagian dalam pembicaraan lebih lanjut sampai pemberontak menghormati komitmen mereka.

"Kami telah mengatakan sebelumnya dan terus mengatakan bahwa kami tidak akan menghadiri putaran perundingan berikutnya kecuali Houthi mematuhi apa yang disepakati di Swedia," kata pejabat itu.

Penarikan pemberontak dari pelabuhan Hodeidah telah diperdebatkan, dengan tuduhan bahwa Houthi menyerahkan kendali kepada pasukan mereka sendiri daripada pasukan lokal sebagaimana diatur dalam perjanjian. Kesepakatan pertukaran tahanan belum diimplementasikan menyusul ketidaksepakatan tentang daftar tahanan.

Dengan kesepakatan yang tidak sesuai dengan kehancuran, utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, melakukan perjalanan ke Sanaa pada Sabtu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Houthi di ibukota Yaman yang dikuasai pemberontak.

Griffiths meninggalkan Yaman pada Senin pagi tanpa pernyataan publik, tetapi pemimpin senior pemberontak Mohammed Ali Al Houthi mengatakan pada Minggu (06/01) bahwa pembicaraan mengenai ekonomi Yaman yang dilanda perang dapat dilakukan di ibukota Yordania.

"Putaran pembicaraan berikutnya kemungkinan besar akan diadakan di Kuwait dan bukan di Yordania, dan akan fokus pada masalah-masalah seperti Hodeidah, membuka kembali bandara yang dikuasai pemberontak dan ekonomi negara yang rapuh,’ tuturnya.

Kementerian luar negeri Yordania membantah bahwa pihak-pihak yang bertikai Yaman telah berusaha mengadakan pembicaraan di Amman.

PBB mengatakan setelah pembicaraan di Swedia bulan lalu bahwa putaran lain sedang direncanakan awal tahun ini untuk membahas kerangka kerja untuk negosiasi politik dan badan pemerintahan transisi.

"Griffiths menghabiskan dua hari terakhir berdiskusi dengan para pemimpin Houthi tentang apa yang disepakati di Stockholm, dia sekarang dalam perjalanan ke Riyadh untuk menindaklanjuti kemajuan," kata sumber PBB.

"Orang-orang Houthi tidak menginginkan perdamaian dan menghambat pelaksanaan apa yang telah disepakati di Stockholm," katanya dalam pertemuan dengan Duta Besar AS untuk Yaman Mathew Tueller.

Presiden meminta komunitas internasional untuk mengambil posisi tegas dalam menekan kaum Houthi untuk mematuhi apa yang disepakati di Swedia.

Kesepakatan gencatan senjata dianggap sebagai langkah paling signifikan untuk mengakhiri konflik yang berkecamuk di Yaman sejak 2015 dan menciptakan krisis kemanusiaan di mana dua pertiga penduduknya bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Meskipun gencatan senjata, pasukan pemerintah dan penduduk di Hodeidah melaporkan peningkatan serangan Houthi dan kedatangan bala bantuan pemberontak pada hari Minggu.

Perjanjian Stockholm menetapkan bahwa angkatan bersenjata dari kedua belah pihak harus menarik tiga pelabuhan Hodeidah, titik masuk untuk sebagian besar bantuan dan makanan yang dikirim ke Yaman, diikuti oleh penarikan dari kota dan seluruh provinsi.

Pasukan lokal kemudian akan mengambil kendali kota dan pelabuhan, tetapi mereka akan tetap di bawah pengawasan PBB.

 

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya