Trump Klaim Arab Saudi Siap Kucurkan Bantuan Suriah

Selasa, 25/12/2018 09:25 WIB

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan Arab Saudi akan menghabiskan "uang yang diperlukan" untuk membantu merekonstruksi Suriah yang dilanda perang.

"Arab Saudi sepakat mengeluarkan uang yang diperlukan untuk membangun kembali Suriah, bukan Amerika Serikat. Lihat?" tulis  Trump lewat akun Twitternya, @realDonaldTrump.

"Bukankah ini menyenangkan, negara yang sangat kaya membantu membangun kembali tetangga mereka daripada Negara Besar, AS, yang berjarak 5.000 mil. Terima kasih kepada Saudi A!" tambahnya.

Pernyataan Trump itu beberapa hari setelah mengumumkan di akun Twitternya untuk menarik sekitar 2.000 pasukan AS dari Suriah. Ia secara tiba-tiba menyatakan kemenangan atas Islamic State Iraq and Syria (ISIS) di negara itu.

Keputusan mengejutkan pada Rabu itu bertentangan dengan penilaian para pejabat Gedung Putih dan membuat kemarahan di antara beberapa sekutu Washington.

Pada hari Senin, dalam pernyataan kebijakan luar negeri terbarunya yang tidak terduga yang dibuat di Twitter, Trump mengatakan bahwa Riyadh akan mendukung Suriah setelah penarikan militer AS.

Sejak berita ini diturunkan, belum ada komentar langsung dari pemerintah Saudi, yang pada Oktober mengirimkan bantuan sebesar USD100 juta ke AS, dua bulan setelah berjanji akan membantu menstabilkan bagian-bagian Suriah.

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan