Tantangan Jadi Ibu di Era Serba Digital

Sabtu, 22/12/2018 15:01 WIB

Jakarta - Seiring dengan perkembangan dewasa ini, peran Ibu sangat tentu semakin berat. Ia tidak hanya tertantang membiayai kebutuhan anak, namun lebih dari itu bagaimana memastikan stimulasi tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

Apalagi saat ini masyarakat dihadapkan dengan era industri 4.0, suatu era yg diwarnai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence), era super komputer, inovasi dan perubahan cepat.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto menilai meski kita telah memasuki era serba digital, peran ibu tak tergantikan. Kedahsyatan teknologi tak menggantikan peran signifikan Ibu dalam mendidik anak.

"Namun Ibu harus terus meningkatkan kapasitasnya dalam pengasuhan anak, agar kompatibel dengan kebutuhan terkini," ujar Susanto, Sabtu (22/11).

Memang tugas pengasuhan bukan hanya Ibu, ayah juga harus berperan aktif. Karena ayah yang hebat dalam pengasuhan anak turut menentukan perkembangan generasi.

Tugas utama orangtua termasuk Ibu adalah bagaimana memenuhi hak dasar anak, merawat, membimbing, mendidik dan melatih anak agar tahapan demi tahapan perkembangan anak terbimbing secara optimal.

"Kami sangat menghargai dan mengapresiasi, para Ibu di berbagai titik daerah, dengan kondisi keterbatasan ekonominya, serius mengasuh anak hingga berpendidikan tinggi. Ini sangat banyak sekali jumlahnya," ungkapnya.

Meski profesinya sebagai petani tradisional, buruh, bahkan sebagai asisten rumah tangga, dengan pendapatan pas pasan tapi masih banyak diantara mereka fokus pada keunggulan anaknya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin demi mengggapai cita cita anak.

Spirit ini sangat positif, termasuk berefek positif untuk mencegah praktik perkawinan dini. Spirit ini sangat besar dampaknya bagi masa depan generasi, bangsa dan negara.

Selamat hari Ibu, semoga dedikasinya para Ibu menghantarkan masa depan generasi yang lebih baik. 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2