Giliran Iran Kecam Pengakuan Australia atas Yerusalem

Rabu, 19/12/2018 20:01 WIB

Tehran - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi mengatakan keputusan Australia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel merupakan pelanggaran terhadap resolusi internasional.

Qasemi menggambarkan langkah yang diusulkan Negeri Kanguru sebagai keputusan yang keliru dan salah perhitungan.

"Jika dilaksanakan, keputusan itu akan dilihat sebagai pelanggaran terhadap semua resolusi internasional yang terkait dengan Palestina dan wilayah yang diduduki Israel," terang Qasemi kepada Kantor Berita Iran, Azad Rabu (19/12).

"Langkah seperti itu tidak akan membantu menyelesaikan masalah Palestina dan Timur Tengah. Itu hanya akan meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut," tambahnya.

Pada Sabtu (15/12), Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan keputusan negaranya untuk secara resmi mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel.

Ia menegaskan, bagaimanapun, Australia tidak akan merelokasi kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem Barat sampai perdamaian Palestina-Israel tercapai.

Pada November, Presiden terpilih Brazil Jair Bolsonaro juga mengumumkan niatnya untuk memindahkan kedutaan negaranya dari Tel Aviv ke Yerusalem sesuai dengan janji kampanyenya.

Namun, beberapa hari kemudian, Bolsonaro mengatakan bahwa keputusan akhir tentang masalah itu belum ditentukan.

Akhir tahun lalu, Presiden AS Donald Trump menjadi pemimpin pertama yang mengumumkan niat negaranya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, memicu kecaman dan protes dari seluruh dunia Arab dan Muslim.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih