California Jadi Negara Pertama Wajibkan Bus Listrik

Minggu, 16/12/2018 13:50 WIB

Jakarta - California akan menjadi negara pertama yang mewajibkan transisi dari bus umum ke bus listrik ketika itu beralih pada tahun 2040, di bawah keputusan Dewan Sumber Daya Udara California.

Dewan menyetujui peraturan pertama di negara itu untuk menetapkan tujuan di seluruh negara bagian untuk armada bus umum untuk secara bertahap beralih ke 100 persen nol-emisi pada 2040.

Peraturan Transit Bersih yang Inovatif adalah bagian dari upaya di seluruh negara bagian untuk memenuhi sasaran kualitas udara dan perubahan iklim California dengan memotong emisi sektor-angkutan, yang mencakup 40 persen emisi gas yang mengubah iklim dan hingga 90 persen pencemar yang membentuk kabut asap.

Dari 2020 hingga 2050, peraturan ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 19 juta metrik ton, yang setara dengan mengambil 4 juta mobil dari jalan. Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi nitrogen oksida sekitar 7.000 ton dan partikel sekitar 40 ton selama periode yang sama.

"Armada bus umum nol-emisi berarti udara lebih bersih bagi kita semua," kata Ketua Dewan Mary D. Nichols dalam pernyataannya dilansir UPI.

"Secara dramatis mengurangi polusi knalpot dari bus di masyarakat berpenghasilan rendah dan memberikan banyak manfaat terutama untuk pengendara yang bergantung pada transportasi," tambahnya.

"Menempatkan lebih banyak bus nol-emisi di jalan-jalan kami juga akan mengurangi konsumsi energi dan gas-gas rumah kaca, dan memberikan penghematan biaya bagi agen-agen transit dalam jangka panjang," lanjut Nichols.

Delapan dari 10 agen transit terbesar di negara bagian ini telah mengoperasikan bus nol-emisi, termasuk baterai listrik dan sel bahan bakar hidrogen alternatif.

Peluncuran diperkirakan akan meningkat cepat dari 153 bus menjadi 1.000 pada tahun 2020. Agen angkutan umum mengoperasikan sekitar 12.000 bus di seluruh negara bagian.

Pada 2029, agen transportasi tidak akan lagi dapat membeli bus non-listrik.

Dewan mengatakan, meskipun biaya dimuka untuk transisi, akan ada penghematan dalam jangka panjang $ 1,5 miliar dalam pemeliharaan, bahan bakar dan biaya lainnya.

TERKINI
Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2 Karier Moncer di Hollywood, Zendaya dan Tom Holland Saling Mendukung