Fadli: Tjahjo Kumolo Sebaiknya Mundur, Tak Becus Urus e-KTP

Selasa, 11/12/2018 13:04 WIB

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo diminta untuk mengundurkan diri karena dianggap tidak becus mengurus masalah KTP elektronik atau e-KTP.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengatakan, Tjahjo tidak bisa mengatasi persoalan e-KTP sebagai data kependudukandi Indonesia. Padahal, permasalahan e-KTP sudah terjadi sejak awal pemerintahan Jokowi.

"Saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri saja. Ini enggak becus mengurus masalah e-KTP, mengurus DPT (daftar pemilih tetap) dan juga mengurus data-data kependudukan," kata Fadli, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/12).

Hal itu menyikapi adanya temuan praktik jual beli blangko e-KTP melalui sistem online oleh oknum anak pejabat Provinsi Lampung. Selain itu, sebelumnya juga ditemukan adanya KTP yang tercecer di sejumlah daerah.

Apalagi, kata Fadli, e-KTP merupakan satu-satunya instrumen yang dipakai Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menentukan daftar pemilih tetap (DPT) dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

"Jadi sudah tidak percaya dengan data kependudukan, DPT, kemudian ditambah lagi berkarung-karung yang tercecer ini dan ini bukan sekali dua kali, sudah sering kali," terangnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2