Lithuania Blacklist 17 Warga Saudi terkait Pembunuhan Khashoggi

Selasa, 11/12/2018 08:01 WIB

Kopenhag - Aksi solidaritas masih terus mengalir atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. Kali ini, Lithuania memasukan daftar hitam 17 warga Arab Saudi yang terlibat dalam pembunuhan mengerikan itu.

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Lituania, Rasa Jakilaitiene mengatakan kepada kantor berita Baltic bahwa pemerintahnya mengambil langkah tersebut atas "solidaritas bersama mitra internasional".

Departemen Migrasi Lithuania memasukan nama-nama warga Saudi tersebut itu ke dalam daftar hitam karena tindakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM).

Dilansir dari Anadolu, keputsan itu hanya berselang hampir sebulan setelah, pemerintah Kanada menjatuhkan sanksi terhadap 17 warga Arab Saudi tersebut.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland  mengungkapkan, pembunuhan Khashoggi merupakan serangan terhadap kebebasan berekspresi kepada semua individu.

Freeland mengutarakan, Kanada akan terus menyerukan penyelidikan yang kredibel dan independen dalam kasus tersebut. "Mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi harus diminta pertanggungjawaban dan diadili," ujarnya.

Warga Saudi yang masuk ke dalam daftar hitam di antaranya,  Mansour Othman Abahussain, Naif Hassan Alarifi, Fahad Shabib Albalawi, Meshal Saad Albostani, Thaar Ghaleb Alharbi, Abdulaziz Mohammed Alhawsawi, Mustafa Mohammed Almadani, Badr Lafi Alotaibi, Khalid Aedh Alotaibi, Mohammad Al-Otaibi, Saif Saad Alqahtani, Saud Al-Qahtani, Turki Muserref Alsehri, Waleed Abdullah Alsehri, Mohammed Saad Alzahrani, Maher Abdulaziz Mutreb, dan Salah Mohammed Tubaigy.

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China