Senator Berbagai Partai AS Keluarkan Resolusi Tahan Putra Mahkota Saudi

Kamis, 06/12/2018 17:47 WIB

Washington - Enam senator Amerika Serikat (AS) dari berbagai partai mengeluarkan resolusi untuk menahan putra mahkota Saudi yang bertanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Proposal, yang dikluarkan pada Kamis (6/12) itu menyebutkan, Senat memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa Mohammed bin Salman "terlibat dalam pembunuhan itu".

Jika disetujui oleh Senat, secara resmi akan mengutuk Pangeran Mohammed, yang juga dikenal sebagai MBS, atas pembunuhan Khashoggi di konsulat kerajaan di kota Istanbul Turki pada bulan Oktober.

"Resolusi ini secara definitif menyatakan, putra mahkota Arab Saudi terlibat dalam pembunuhan Khashoggi dan menjadi bola yang merusak wilayah yang membahayakan kepentingan keamanan nasional kami di berbagai bidang," kata Lindsey Graham, senator Partai Republik dan sekutu dekat Presiden Donald Trump dalam sebuah pernyataan.

Langkah para senator AS datang ketika jaksa kepala Istanbul mengajukan surat perintah penangkapan seorang pembantu utama ke MBS dan wakil kepala intelijen luar negeri kerajaan karena dicurigai merencanakan pembunuhan kritikus Arab Saudi dan Putra Mahkota.

Arab Saudi mengatakan putra mahkota tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu. Setelah menawarkan banyak penjelasan yang kontradiktif, Riyadh akhirnya mengakui, Khashoggi dibunuh di dalam konsulat dan dimutilasi.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?