Sudan Tegaskan Israel Tetap Jadi Musuh hingga Kiamat

Kamis, 29/11/2018 17:55 WIB

Jakarta - Menteri informasi Sudan mengecam laporan bahwa perdana menteri Israel akan mengunjungi Khartoum. Ia bahkan menyebut permusuhan dengan Tel Aviv akan berlangsung hingga dunia berakhir. Hal itu disampaikan Bishara Jumaa dalam sebuah konferensi di ibukota Sudan, Rabu (28/11).

"Permusuhan agama dan ideologis antara Sudan dan Israel akan terus berlanjut sampai jam penghakiman," kata Jumaa seperti dikutip Al-Jazeera.

Sebelumnya, Netanyahu berencana mengunjungi Sudan dengan para pejabat Israel untuk menjalin hubungan dengan negara Arab Afrika.

Namun Pemimpin Partai Kongres Nasional yang berkuasa di Sudan, Abdel Sakhi Abbas, juga telah membantah klaim tersebut.

"Netanyahu tidak dapat mengunjungi Sudan. Belum ada diskusi tentang kunjungan ini di kalangan kalangan resmi Sudan," kata Abbas.

Perkembangan terjadi setelah Binyamin Netanyahu bertemu dengan Presiden Chad Idriss Deby di Yerusalem. Biro Netanyahu mengumumkan pada Selasa bahwa ia akan segera mengunjungi mayoritas Muslim Chad untuk membangun hubungan diplomatik.

Israel Channel 10 melaporkan bahwa Israel saat ini membuat upaya untuk membangun hubungan dengan Bahrain dan negara-negara Muslim di Afrika.

Netanyahu membuat kunjungan kejutan ke kesultanan Teluk Oman bulan lalu, yang pertama dalam lebih dari 20 tahun oleh perdana menteri Israel.

Pertemuan mengejutkan dengan Sultan Qaboos Oman dirahasiakan sampai Netanyahu kembali ke Israel. Itu terjadi meskipun kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik. Setelah kunjungan Netanyahu, para menteri Israel mengunjungi UAE dan Oman.

Israel saat ini memiliki hubungan diplomatik penuh hanya dengan Mesir dan Yordania, tetapi perjalanan adalah tanda terbaru dari pertumbuhan hubungan regional antara Israel dan negara-negara Arab.

Israel dan beberapa negara Teluk, terutama Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrai, memiliki kepentingan bersama dalam membatasi pengaruh Iran di kawasan itu dan bekerja sama dalam pengumpulan intelijen.

Otoritas Palestina sedang mencari sesi darurat Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam di tengah kekhawatiran hubungan yang tumbuh antara Israel dan negara-negara Arab.

TERKINI
Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin