Langkah Ini Bisa Ciptakan Pemuda Berkualitas Tanah Air

Sabtu, 17/11/2018 08:13 WIB

Depok - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan penyusunan roadmap kepemudaan untuk merumuskan secara eksplisit Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan yang akan disederhanakan menjadi konsep pelayanan kepemudaan yaitu dengan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan penyusunan roadmap tersebut diharapkan mampu merumuskan peta jalan kepemudaan secara maksimal sehingga menjadi panduan pelayanan kepemudaan, mulai dari tahap penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda.

“Pembangunan kepemudaan dimulai dengan membangun pemuda yang berkarakter, beriman, kreatif, inovatif dan memiliki daya saing," kata Asrorun Ni’am.

“Dengan terwujudnya pembangunan pemuda maka terbangunlah Sumber Daya Manusia, Masyarakat dan Bangsa yang kuat. Deputi juga menegaskan pembangunan pemuda bukan hanya menjadi tugas dari Kemenpora melainkan menjadi tugas bersama dari 17 Kementerian dan Lembaga," lanjutnya.

Sementara Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Amar Ahmad mengatakan bahwa penyusunan Road Map Kepemudaan mengkombinasikan beberapa grand design yang sudah dibuat baik oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda.

"Kemudian akan disinkronkan dengan RPJMN 2020-2024, Dokumen Indeks Pembangunan Pemuda serta Perpres Nomor 66 Tahun 2017, tentang Sinergi Koordinasi Lintas Pelayanan Kepemudaan," tutur Amar.

Dengan adanya peta jalan ini, kata Amar, dapat segera ditemukan peta masalah pemuda, strategi pemecahan masalah ataupun solusi alternatif sebagai daya dukung, serta tim inti penggerak program kepemudaan.

Acara ini dihadiri oleh Asisten Deputi di Lingkungan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda dari tanggal 16 s.d. 18 November 2018 dengan narasumber selain dari internal Kemenpora juga menghadirkan narasumber dari Bappenas dan Badan Pusat Statistik.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya