Coconut School, Bayar Sekolah Modal Sampah

Jum'at, 12/10/2018 13:39 WIB

Phnom Phen – Upaya meningkatkan taraf pendidikan dan mengurangi limbah rupanya bisa dilakukan sekaligus. Seperti yang dipraktikkan oleh sekolah `Coconut School` di Kamboja, di mana para siswanya bebas bersekolah dengan bayaran sampah.

Roeun Bunthon, salah satu siswa didik di Coconut School mengatakan, sebelum memutuskan belajar di sekolah tersebut, dia menjalani kesehariannya sebagai pengemis jalanan.

Namun hanya dengan berbekal sampah, kini dia dapat mengambil pelajaran komputer, matematika, dan bahasa, sekaligus belajar cara mengurangi limbah penyebab polusi udara di negaranya.

“Aku sudah berhenti mengemis. Rasanya aku punya kesempatan lain,” ujar Bunthon dilansir dari AFP pada Jumat (12/10).

Coconut School terletak di sebuah taman nasional di Kamboja. Hampir seluruh bangunannya menggunakan sampah dan limbah yang didaur ulang.

65 anak-anak yang terdaftar di Coconut School, belajar di bawah dinding kelas yang terbuat dari ban mobil yang dicat, dan pintu masuk kelas yang dihiasi oleh mural bendera kamboja, yang seluruhnya terbuat dari tutup botal warna-warni.

Adalah Ouk Vanday, pria berjuluk `Manusia Sampah` yang merupakan seorang mantan manajer hotel, sebagai sosok di balik Coconut School. Dia mendambakan Kamboja bebas sampah di kemudian hari.

“Saya menggunakan sampah untuk mendidik anak-anak dengan mengubah sampah menjadi ruang kelas, sehingga anak-anak akan memahami nilai menggunakan sampah dengan cara bermanfaat,” terang Vanday.

Selanjutnya, pria 34 tahun itu berencana memperluas kelas di daerah-daerah miskin, di Provinsi Kampong Speu guna mengakomodasi 200 anak-anak.

“Kami harap mereka akan jadi aktivis baru di Kamboja, memahami penggunaan, manajemen, dan daur ulang limbah,” tuturnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2